UPR Dibantu Benih Lele

Selasa 27-08-2019,11:59 WIB
Reporter : redaksi2
Editor : redaksi2

MUKOMUKO,Bengkulu Ekspress – Dua unit pembibitan rakyat (UPR) akan dibantu pemerintah berupa benih ikan lele mutiara. Ini merupakan salah satu program untuk pengembangan.

“Bantuan benih itu akan didistribusikan sebanyak 40 induk ikan lele kepada dua UPR di Kecamatan Penarik,” sampai Kepala Dinas Kelautan dan Perikanan Kabupaten Mukomuko, Eddy Aprianto SP MSi melalui Kepala Bidang Perikanan Budi Daya, Azbas Novyan SPi MM. Masing – masing UPR itu, akan mendapatkan sebanyak 20 induk ikan lele mutiara yang terdiri dari 10 ekor ikan betina dan 10 ekor ikan lele jantan. Pemkab memberikan bantuan benih kepada 2 UPR tersebut dikarenakan telah berbadan hukum.

Selain itu, UPR itu sebelumnya telah mengusulkan proposal bantuan induk ikan lele. “Jumlah UPR di Kabupaten Mukomuko sebanyak 6 unit. 3 UPR telah berbadan hukum, dan 3 UPR lainnya belum memiliki badan hukum,” bebernya.

Benih induk ikan lele mutiara berasal dari Balai Benih Ikan (BBI) di Kabupaten Mukomuko. Sebab, selama ini DKP dan BBI juga memiliki tugas untuk membina dan mengembangkan usaha perikanan lele untuk UPR yang telah berbadan hukum.

”Pengembangan ikan lele mutiara ini kita lakukan pembinaan dan UPR yang diprioritaksan telah berbadan hukum,”katanya.

Ia mengimbau, kelompok perikanan yang ada agar lebih mengaktifkan kegiatannya dan mengurus agar kelompok atau unit tersebut telah berbadan hukum.

“UPR berbadan hukum salah satu syarat mutlak untuk mendapatkan bantuan dari pemerintah,” ungkap Azbas Novyan.(900)

Tags :
Kategori :

Terkait