Pilkades Teluk Ajang, Suami Kalahkan Istri

Selasa 12-02-2013,15:30 WIB
Reporter : Rajman Azhar
Editor : Rajman Azhar

AIR PADANG, BE - Pilkades Teluk Ajang Kecamatan Air Padang yang dilakukan kemarin (11/2) pagi dimenangi Tulkodri. Kades terpilih itu mengalahkan lawannya Saridawati, yang merupakan istrinya sendiri.

\"Hanya dua kandidat, saya dan istri. Warga lain tidak ada yang mau menjadi calon kades, entah kenapa. Yang jelas saya maju lagi untuk pilkades ini untuk kepentingan bersama,\" ungkap Tulkodri.

Calon incumben itu meraih 282 suara. Sebanyak 36 suara batal.Jumlah data pemilih tetap (DPT) sebanyak 507. Angka golput sebanyak 113 orang. Dikatakan Tulkodri, dalam proses Pilkades tersebut, sebelumnya sudah dilakukan 3 kali penjaringan dari tahun 2011 untuk mendapat kandidat kades. Namun tak ada warga yang bersedia untuk menjadi kandidat. Akhirnya dengan kesepakatan bersama, istrinya diajukan maju menjadi calon kades.

\"Sesuai dengan Perdes, tidak bisa mencalon jika hanya satu kandidat yang mendaftar. Akhirnya kami kompromikan dengan istri, dan warga masih percayakan saya,\" ujarnya.

Sementara itu, menurut Ketua Panitia Pilkades, Johan dia tak mengetahui pasti alasan warga desa itu yang tak mau mencalonkan diri melawan Tulkodri. Namun diakuinya warga masih menginginkan kades yang lama untuk memimpin desa. \"Kami sebenarnya masih mempercayai dia sebagai kades. Tapi karena ada aturan, maka alternatif kami ambil, mereka berdua, suami istri yang dimajukan,\" jelasnya.

Terpilihnya Tulkodri selama dua periode tersebut, diharapkan Johan agar dapat terus memimpin desa sebagaimana sebelumnya. Dia menampik adanya isu yang beredar terkait ada ketidakberesan dalam pilkades tersebut. \"Ini murni memang warga tidak mau mencalon. Warga masih mempercayakan dia, daripada berlarut ya mereka suami istri ini yang ikut,\" imbuhnya. (117)

Tags :
Kategori :

Terkait