Dinkes Buka Posko HIV AIDS

Selasa 12-02-2013,13:18 WIB
Reporter : Rajman Azhar
Editor : Rajman Azhar

CURUP, BE - Dinas Kesehatan Kabupaten Rejang Lebong, tahun ini akan membuka layanan konsultasi dan pengecakan HIV serta upaya penjaringan tingkat penyebaran virus hingga ke lokasi – lokasi rawan penyebaran seperti lokasi penjajal Sek komersial dan tempat hiburan. Hal itu menjadi kesimpulan koordinasi penanggulangan AIDS yang digelar Dinkes RL, kemarin.

Plt Kepala Dinas Kesehatan RL Herwan Antono menerangkan, dalam rapat pembentukan tim ini, pihak Dinkes juga secara langsung melibatkan pihak terkait seperti, pihak RSUD Curup, Puskesmas Kecamatan Curup dan Puskesmas Kecamatan Curup Tengah. “Dengan melibatkan stake holder seperti RSUD Curup dan Puskesmas pembantu, maka dirasa akan banyak memberikan manfaat dalam penaggulangan penyebaran HIV di RL,” katanya Toni.

Pembentukan tim penanggulangan AIDS tersebut, sambung Toni, memang dirasa sangat penting, menimbang penyebaran virus HIV ini, mampu menyebar dalam jangka waktu yang sangat singkat . Untuk itu, selaku pihak yang berkompoten dalam dunia kesehatan dan menjaga ke kondusifan penyebaran Virus ini, pihaknya wajib melakukan upaya antisipasi dini.“ Kegiatan tersebut bertujuan untuk melakukan upaya antisipasi dan melakukan koordinasi terkait apa saja program yang akan dilakukan oleh Tim Penaggulanan HIV AIDS ini kedepannya,\" kata Toni.

Selain itu,  kegiatan pembentukan tim penanggulangan HIV AIDS ini, juga langsung didukung oleh organisasi  internasional seperti WHO .“ Kegiatan ini langsung di dukung oleh Global PAN. Dan Global fun ini merupakan bagian dari organisasi internasional  yaitu WHO, tapi bantuan ini, hanya dapat dirasakan oleh Kab. Rejang Lebong di tahun 2013 ini saja, lantaran ditahun  selanjutnya, bantuan Global Fun ini akan berakhir dengan harapan agar pihak Dinkes RL mampu mandiri dikemudian hari,” tutupnya.b

Tags :
Kategori :

Terkait