Dukcapil, Buka Layanan Hari Minggu

Senin 08-04-2019,10:55 WIB
Reporter : redaksi2
Editor : redaksi2

CURUP, Bengkulu Ekspress - Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Dukcapil) Rejang Lebong memaksimalkan pelayanan sebelum pelaksanaan Pemilu serentak 17 April mendatang. Salah satu upaya dalam memaksimalkan pelayanan tersebut yaitu membuka layanan di hari Minggu (7/4) kemarin. \"Untuk memaksimalkan pelayanan sebelum Pemilu serentak 17 April ini, kita dari Dinas Dukcapil Rejang Lebong tetap membuka pelayanan,\" sampai Kepala Bidang Pelayanan Pendaftaran Penduduk, Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Rejang Lebong, Mei Susanti Harahap SH MM Minggu kemarin.

Dijelaskan Susan, pelayanan yang mereka berikan dihari Minggu kemarin merupakan instruksi dari Kementerian Dalam Negeri dalam menindaklanjuti putusan Mahkamah Konstitusi (MK) yang menetapkan bahwa KTP-elektronik dan Surat Keterangan (Suket) Pengganti KTP-el merupakan syarat wajib bagi pemilih di Pemilu 2019.

\"Jadi bukanya pelayanan dihari Minggu ini, merupakan bagian dari kegiatan jemput bola yang kita lakukan,\" tambah Susan.

Dijelaskan Susan, pelayanan yang diberikan Dinas Dukcapil Rejang Lebong pada hari Minggu kemarin pembuatan KK, cetak KTP, rekam KTP dan pembuatan surat keterangan rekam KTP. Dimana menurut Susan, sebagian besar kegiatan yang mereka lakukan pada Minggu kemarin adalah menyelesaikan pembuatan KK dan KTP sesuai dengan data yang diberikan oleh KPU Rejang Lebong. Dengan dibukanya layanan dihari Minggu tersebut, Susan berharap bisa memberi kemudahan masyarakat yang tidak bisa mengurus administrasi kependudukan mereka dihari-hari kerja yaitu Senin sampai Sabtu.

\"Untuk jam layanan sendiri, kita mulai jam 08.00 WIB hingga siang atau hingga tidak ada lagi masyarakat yang datang ke kantor Dinas Dukcapil Rejang Lebong,\" papar Susan.

Lebih lanjut Susan menjelaskan, pada pelayanan yang mereka buka Minggu kemarin cukup banyak masyarakat Rejang Lebong yang datang untuk mengurus administrasi kependudukan di Kantor Dinas Dukcapil Rejang Lebong. Selain membuka layanan dihari Minggu, Susan juga mengungkapkan dalam saat Dinas Dukcapil Rejang Lebong juga tengah melaksanakan kegiatan jemput bola dengan melakukan perekaman dikantor-kantor kecamatan yang ada di Kabupaten Rejang Lebong. Dimana kegiatan jemput bola di kantor-kantor kecamatan tersebut telah mereka mulai sejak Jumat (5/4) kemarin di Kecamatan Sindang Dataran, kemudian Hari Sabtu di Kecamatan Binduriang.

Selanjutnya untuk hari ini diagendakan di Kecamatan Selupu Rejang, Kemudian Selasa besok di Kecamatan Sindang Beliti Ulu, selanjutnya di Hari Rabu akan dilaksanakan di Kecamatan Padang Ulak Tanding, di Hari Kamis akan dilaksanakan di Kecamatan Bermani Ulu, kemudian pada Hari Jumat (12/4) akan dilaksanakan di Kecamatan Curup.

Kegiatan jemput bola dengan rekaman di Kantor Kecamatan tersebut akan dilaksanakan hingga seluruh kecamatan di Kabupaten Rejang Lebong didatangi petugas dari Dinas Dukcapil Rejang Lebong. \"Untuk masyarakat yang tidak bisa mendatangi Dinas Dukcapil Rejang Lebong untuk mengurus administrasi kependudukan, silahkan datang ke kantor kecamatan saat kita melakukan kegiatan jemput bola dikecamatan masing-masing,\" demikian Susan.(251)

Tags :
Kategori :

Terkait