Menpora: Porwil Harus Sukses

Jumat 22-03-2019,08:28 WIB
Reporter : Redaksi Terkini
Editor : Redaksi Terkini

Atlet Sea Games Berlaga di Porwil

BENGKULU, Bengkulu Ekspress- Tidak lama lagi event Pekan Olahraga Wilayah (Porwil) se-Sumatera akan digelar di Provinsi Bengkulu. Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora), Dr H Imam Nahrawi SAg MKP menegaskan, Bengkulu yang telah ditunjuk sebagai tuan rumah harus sukses menggelar Porwil tersebut. \"Porwil ini harus sukses digelar,\" terang Imam kepada Bengkulu Ekspress usai membuka rapat koordinasi dan sinkronisasi Dinas Pemuda dan Olahraga (Dispora) se-Provinsi Bengkulu, di Gedung Daerah Provinsi Bengkulu, kemarin (21/3).

Terkait dukungan sendiri, Imam menegaskan secara keseluruhaan dirinya belum mendapatkan laporan terkait hasil persiapan Porwil. Baik itu kesiapan infrasrukturnya, atletnya maupun hal teknis lainnya. \"Saya percaya, Bengkulu bisa mensukseskannya,\" paparnya.

Menurut Menpora, Porwil se-Sumatera ini harus dimaknai sebagai kesempatan semua atlet untuk melangkah lebih jauh. Tidak hanya menjadi atlet level provinsi dan nasional tapi bisa sampai internasional. \"Karena dengan ajang yang lebih tinggi, maka pengalaman, pengetahuan juga akan bertambah,\" tegas Imam.

Kedepan, tidak hanya Porwil yang bisa digelar. Tapi juga, pekan olahraga tingkat kecamatan hingga tingkat desa bisa digelar di Provinsi Bengkulu. Hal ini dilakukan, agar tumbuh bibit-bibit atlet dari lapisan manapun. \"Ini juga akan memberikan kesibukan olahraga bagi anak-anak kita,\" tambahnya.

Olahraga ini sangat penting, kondisi saat ini menurut Menpora, dunia digital talah menggrogoti anak-anak muda. Sehingga kegiatan olahraga mulai luntur. \"Kiranya bisa jadi renungan untuk kita semua. Bengkulu bisa lakukan itu. Kalau ini dilakukan akan menjadi kemajuan besar untuk bangsa indonesia. Pesan saja, jangan keterbatasan infrasruktur menjadi alasan kita untuk tidak bangkit,\" paparnya.

Terkait Rakor Dispora, yang juga dihadiri Kepala Dispora Provinsi Arisan Sulaiman, Menpora menegaskan, Rakor sangat penting. Karena dalam rakor itu akan menentukan kebijakan yang bisa dilaksanakan secara simultan dan diikuti oleh semua level. \"Ini rakor pertama didaerah yang saya kunjungi, biasannya rakornas. Karena kebijakan olahraga saya serahkan dengan gubernur,\" ujar Imam.

Sementara itu, Pelaksana Harian (Plh) Sekretaris Daerah (Sekda) Provinsi Bengkulu, Gotri Suyanto mengatakan, Bengkulu optimis bisa menjadi tuan rumah yang mensukseskan Porwil se-Sumatera. \"Tidak hanya sukses penyelenggaran, tapi juga sukses prestasi bagi tuan rumah dan menjadi tuan rumah yang baik untuk tamu yang datang,\" ujar Gotri.

Dalam rakor itu, nanatinya ditarget kebijakan olahraga dapat disinkronisasokan dalam bentuk program olahraga. \"Tentunya upaya kita bisa mensinkronisasikan program oleharga di Bengkulu,\" tutupnya.

Atlet Sea Games Akan Berlaga di Porwil

Dinas Pemuda dan Olahraga (Dispora) Provinsi Bengkulu akan menyiapkan atlet professional asal Bengkulu yang saat ini berada di luar daerah. Hal ini dilakukan agar dapat meraih prestasi maksimal dalam pelaksanaan Pekan Olah Raga Wilayah (Porwil) tahun 2019. Bahkan Atlet peraih medali perak pada Sea Games 2017 lalu dari cabang olahraga (cabor) renang akan diturunkan pada event ini.

Kepala Dispora Provinsi Bengkulu, Atisar Sulaiman SAg MM mengatakan, pihaknya bersama dengan Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) Provinsi Bengkulu akan sekuat tenaga mempersiapkan sejumlah atlet professional untuk berlaga pada Porwil ke X di Provinsi Bengkulu pada 3-9 November 2019. Hal itu dilakukan agar Provinsi Bengkulu bisa meraih perolehan minimal 7 besar pada event terbesar di Sumatera ini.

\"Kita akan menurunkan atlet professional, baik itu atlet yang sudah ada, maupun atlet yang selama ini membela daerah lain, akan dipanggil pulang kembali membela Bengkulu,\" kata Atisar, kemarin (21/3).

Dengan menurnkan atlet professional asal daerah, diharapkan Bengkulu bisa meraih prestasi yang memuaskan. Bahkan pihaknya bersama KONI sudah merencanakan untuk memanggil pulang para atlet professional asal Bengkulu yang selama ini berada diluar daerah. \"Kita akan panggil atlet professional untuk pulang ke daerah, mereka harus mau, masa membela daerah mereka tidak mau,\" ujarnya.

Beberapa atlet professional asal Bengkulu yang akan disiapkan oleh Dispora Provinsi Bengkulu mulai dari atletik, panjang tebing, renang, bulu tangkis, bilyard, sepak bola, tinju, catur, kempo, muay thai. Bahkan dikabarkan Atlet Renang Professional asal Bengkulu dan juga pernah mewakili Indonesa pada kejuaraan Sea Games 2017, Sofie Kemala Fatiha akan ikut dalam perhelatan ini. \"Kita belum bisa memastikannya, tetapi kita akan upayakan atlet professional asal Bengkulu akan mengikuti Porwil ini nanti,\" tutupnya.

Menanggapi hal tersebut, Sofie Kemala Fatiha saat dihubungi Bengkulu Ekspress mengaku, akan mengikuti perhelatan Porwil ke X di Provinsi Bengkulu. Dirinya akan membawa nama Provinsi Bengkulu dan diharapkan bisa meraih medali emas untuk cabor renang. \"Iya nanti saya akan ikut kejuaran Porwil di Bengkulu, doakan saja, semoga bisa menang dan mengharumkan nama Bengkulu,\" tutupnya.

Sementara itu, Ketua KONI Provinsi Bengkulu, Mufran Imron menjelaskan, dengan adanya beberapa atlet professional yang diturunkan, maka diharapkan Bengkulu bisa masuk minimal 5 besar. Untuk itu, pembinaan atlet akan terus dilaksanakan sehingga perolehan medali dipastikan akan semakin nyata nantinya. \"Target kita tidak muluk-muluk, masuk papan tengah sudah baik, sebab dari Porwil sebelumnya Bengkulu berada di papan bawah perolehan medali,\" tukasnya.

Sementara secara terpisah, Ketua Komisi IV DPRD Provinsi Bengkulu, Muharamin menekankan, dengan porsi anggaran yang cukup besar dan Bengkulu sebagai tuan rumahPorwil, selain bisa sukses menjadi tuan rumah Porwil juga diikuti dengan prestasi. \"Harapan kita para atlet mampu berprestasi lebih baik dalam Porwil kali ini,\" tutupnya.(999/151)

Tags :
Kategori :

Terkait