Kota Bengkulu Dijaga Hulubalang

Senin 11-02-2013,10:31 WIB
Reporter : Rajman Azhar
Editor : Rajman Azhar

BENGKULU, BE - Maraknya kasus pembunuhan atau perilaku menyimpang dalam Kota Bengkulu akhir-akhir ini, membuat walikota resah.  Sebab, akan menimbulkan paragdigma dari masyarakat luar bahwa Kota Bengkulu tidak lagi kondusif dan tidak aman.  Hal ini dikarenakan pembunuhan sadis kian merajalela.

Untuk meminimalisir tindak kejahatan tersebut, Walikota Bengkulu H Helmi Hasan akan menghidupkan kembali hulubalang atau penjaga yang bertugas menjaga setiap sudut kota ini.  Untuk memuluskan program tersebut, sejauh ini walikota pun telah berkoordinasi dengan Ketua Badan Musyawarah Adat (BMA) Kota Bengkulu.

\"Dalam rangka mengurangi perilaku menyimpang seperti pembunuhan yang marak belakangan ini, maka saya sudah bertemu dengan Ketua BMA.  Saya mencoba menghidupkan kembali hulubalang,\" kata Helmi usai menghadiri acara HUT Partai Gerindra, Sabtu, kemarin.

Ia menjelaskan beberapa waktu ke depan, pihaknya bersama BMA akan mematangkan rencana tersebut.  Bila dirasakan siap, maka ia akan melaunching program hulubalang tersebut. \"Nanti akan kita launching tahun ini juga, tentu sesuai dengan arahan BMA,\" ujarnya. Walikota mengungkapkan, nantinya hulubalang tersebut akan ditempatkan di berbagai kawasan, seperti di Pantai Panjang, di setiap RT, RW, dan beberapa lokasi lain yang dianggap rawan terjadinya tindak kejahatan yang meresahkan masyarakat atau pengunjung kota Bengkulu.

\"Di setiap sudut pantai, selain dijaga oleh polisi pariwisata juga akan dijaga oleh hulubalang, demikian juga di setiap kelurahan, RT dan RW ada penjaganya.  Dengan seperti itu Insya Allah kejadian pembunuhan atau kejahatan lainnya di Kota Bengkulu ini bisa dimanimalisir,\" paparnya.

Terkait dengan 2 kasus pembunuhan, baik di Jalan Kampar 3 RT 12 Kelurahan Lempuing maupun di Jalan Danau Tes RT 5 RW 02 Kelurahan Dusun besar, Walikota menyampaikan ikut berbelasungkawa.  Namun di sisi lain, ia memberikan apresiasi kepada Polres Bengkulu yang telah bertindak sigap sehingga terduga pelaku pembunuhan itupun sudah diamankan.

\"Saya memberikan apresiasi kepada kepolisian yang tanggap dan cepat.  Dan tentu kita semua harus membantu kepolisian untuk menjaga keamanan kota ini, salah satunya dengan hulubalang seperti di daerah Bali yang telah menerapkan hal ini dan keamanannya pun semakin baik,\" pungkas adik kandung Menhut RI, Zulkifli Hasan itu.(400)

Tags :
Kategori :

Terkait