20 Hektar Sawah Rusak

Rabu 06-03-2019,10:14 WIB
Reporter : redaksi2
Editor : redaksi2

CURUP Bengkulu Ekspress - BANJIR yang melanda Kabupaten Rejang Lebong pada Jumat (1/3) malam kemarin ternyata merusak puluhan hektar area persawahan di Kabupaten Rejang Lebong. Dari data sementara yang dimiliki Dinas Pertanian dan Perikanan Rejang Lebong, tak kurang daro 20 hektar sawah yang rusak akibat banjir tersebut.

\"Dari pendataan yang kita lakukan, data sementara ada sekitar 20 hektar sawah yang rusak akibat banjir kemarin,\" sampai Kepala Dinas Pertanian dan Perikanan Rejang Lebong, Taman SP didampingi Kabid Ketahanan Pangan Ahmad Safriansyah saat ditemui Selasa (5/3) kemarin.

Dijelaskan oleh Ahmad, kerusakan sawah yang terjadi tersebut sebagian besar berada di Kecamatan Curup Timur dan Curup Utara. Bahkan menurut Ahmad, sawah yang rusak juga bukan hanya terjadi disepanjang aliran Sungai Air Duku saja, melainkan juga dialiran Sungai Air Dendan yang ada di Kecamatan Curup Utara. Dimana menurutnya dikawasan persawahan yang ada di Desa Tanjung Beringin ada sekitar 5 hektar sawah yang padinya sudah menguning rusak. Kawasan persawahan tersebut rusak karena luapan Sungai Air Dendan.

Kemudian kerusakan lainnya terjadi di Desa Dusun Sawah seluas 2 hektar akibat luapan aliran Sungai Musi, kemudian di kawasan Kecamatan Curup Timur sendiri terdiri dari 10 hektar di Desa Duku Ulu, kemudian empat hektar di Desa Dukulu Ilir serta di Kelurahan Karang Anyar seluas 5 hektar.

\"Saat ini kita terus melakukan pendataan, karena tidak menutup kemungkinan masih ada kerusakan lain yang belum terdata,\" sampainya.

Kemudian untuk langkah penanganan yang akan dilakukan Dinas Pertanian dan Perikanan Kabupaten Rejang Lebong sendiri, menurtu Ahmad saat ini pihaknya masih menunggu data pasti terkait luas persawahan yang terdampak bajir tersebut, termasuk mengetahui apakah sawah yang terdampak di Desa Tanjung Beringin tersebut masih bisa dipanen atau tidaknya. \"Kita akan berupaya untuk bisa membeirkan bantuan khususnya bibit pengganti untuk sawah yang baru ditanami kemudian rusak terkena banjir kemarin,\" sampai Ahmad.

Untuk diketahui pascara terjadinya hujan deras sejak Jumat pagi kemarin, sejumlah kawasan khususnya disepanjang aliran Sungai Air Duku di Kabupaten Rejang Lebong terendam banjir, banjir terparah ada di Kawasan Kelurahan Talang Benih, Kelurahan Talang Baru, Kelurahan Dusun Curup, Kelurahan Karang Anyar dan Desa Batu Dewa, dimana puluhan rumah terendam akibat luapan Sungai Air Duku, selain itu air juga merendam puluhan hektar sawah warga dan merusak beberapa kolam ikan. (251)

Tags :
Kategori :

Terkait