9 Peserta Bersaing Jadi Petugas Haji

Selasa 26-02-2019,11:53 WIB
Reporter : redaksi2
Editor : redaksi2

BINTUHAN, Bengkulu Ekspress - Sebanyak 9 orang peserta bersaing mengikuti seleksi Tim Pembimbing Ibadah Haji Indonesia ((TPIHI) dan Panitia Penyelenggara Ibadah Haji (PPIH) Provinsi Bengkulu tahun 2019 di aula Kemenag Kaur, Senin (25/2). Dari jumlah peserta tersebut, akan dipilih sebanyak 2 orang yang akan bertugas pada musim haji 2019 ini.

“Sebenarnya peserta ini ada 13 orang dan yang hadir hanya 9 orang, dan para peserta ini para pejabat di lingkungan Kemenag Kaur dan organisasi masyarakat (Ormas) Kaur,” kata Kepala Kemenag Kaur Drs. H. Zainal Abidin MHI kepada Bengkulu Ekspress, kemarin (25/2).

Dikatakan Zainal, nanti petugas haji ini akan bertugas sebagai TPIHI dan PPIH. Dimana nanti dari dua orang yang lulus seleksi di tingkat kabupaten, kemudian akan diseleksi kembali di tingkat Provinsi Bengkulu. Sebab untuk petugas haji Provinsi Bengkulu nanti, akan direkrut TPHI 4 orang dan TPIH 4 orang.

Serta untuk PPIH Arab Saudi sebanyak 5 orang.  “Nanti mereka yang lulus ini harus mengikuti seleksi lagi di tingkat provinsi, karena disitulah yang menentukan nanti,” ujarnya. Lanjutnya, seleksi ini dilakukan dalam rangka mencari calon petugas haji yang profesional dan mempunyai kompentensi dalam membimbing jamaah haji.

Dalam melaksanakan ibadah haji ditanah suci nantinya dan tiap Kemeneg Kabupaten hanya dapat mengusulkan 2 orang peserta yang lulus tes pada tingkat kabupaten untuk mengikuti tes seleksi petugas haji pada tingkat Provinsi Bengkulu.

“Semua peserta mempunyai kesempatan yang sama, dan nantinya peserta yang mempunyai nilai tertinggi yang akan diusulkan untuk mengikuti seleksi pada tingkat Provinsi Bengkulu,” terangnya.

Ditambahkannya, tes ini dilaksanakan untuk mendapatkan calon petugas yang profesional dibutuhkan penyaringan yang selektif, upaya ini dilakukan dalam rangka memperoleh calon petugas yang memiliki kompetensi yang memadai untuk masimg-masing jenis tugas dan layanan. “Soal ini langsung dari provinsi, dan tes ini langsung dari Kanwil yang mengawasi. Untuk pengumuman kelulusan ditentukan oleh Kanwil langsung,” jelasnya. (618)

Tags :
Kategori :

Terkait