Bupati Serahkan BP4 ke KPU

Sabtu 09-02-2013,13:10 WIB
Reporter : Rajman Azhar
Editor : Rajman Azhar

TUBEI, BE - Bupati Lebong H Rosjonsyah SIP MSi mengaku pemerintah daerah sangat serius mendata penduduk, khususnya peserta pemilih potensial yang tercatat dalam daftar pemilih tetap (DPT) untuk menyalurkan hak pilih dalam ajang pesta demokrasi pemilihan legislatif tahun 2014 mendatang.

Hal itu disampaikannya saat menyerahkan data penduduk potensial pemilih pemilu (DP4) kepada KPU Kabupaten Lebong. Penyerahan DP4 ini dimaksudkan agar pihak KPU sudah bisa menindaklanjutinya untuk tahapan pemutahiran data yang pada akhirnya bisa menghasilkan DPS (daftar pemilih sementara) dan DPT (daftar pemilih tetap).

Untuk itu sistem yang digunakan KPU harus disesuaikan dan dapat terintegrasikan dengan SIAK (sistem informasi administrasi kependudukan) yang ada di pemerintah daerah. \"Kita berharap DP4 ini terintegrasi dengan sistem informasi kependudukan yang ada, kita berharap sistem informasi yang dibangun KPU dengan pemerintah daerah bisa terintegrasi supaya bisa menghasilkan data pemilih yang lebih akurat,\" jelas Bupati.

Dia juga mengatakan, dengan terintegrasinya data pemilih antara KPU dan pemerintah daerah, kedepannya  bisa menghasilkan data pemilih yang tepat dan tidak ada lagi penggelembungan-penggelembungan pemilih saat pemilu. \"Tahap selanjutnya adalah kewenangan KPU untuk melakukan pemutahiran data, supaya bisa memperbaiki data pemilih di kabupaten Lebong,\" kata Rosjonsyah.

Sementara itu, Kepala Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil Kabupaten Lebong Drs Syamsul Bahri BS mengatakan jumlah DP4 yang diserahkan kepada KPU Kabupaten Lebong sebanyak 88.730 jiwa.

Data DP4 yang diserahkan tersebut awalnya dari hasil perekaman data e-KTP melalui hasil SIAK melalui pelayanan harian di Disdukcapil secara online yang dikirim ke pusat. \"Nah, dari pusat mereka mengolah lagi data ini dan selanjutnya kirim kembali ke kita di daerah untuk digunakan sebagai DP4,\" pungkas Syamsul.(777)

Tags :
Kategori :

Terkait