Relasi Diminta Jaga Independensi

Selasa 29-01-2019,10:23 WIB
Reporter : redaksi2
Editor : redaksi2

CURUP, Bengkulu Ekspress - Dengan dilantiknya 55 Relawan Demokrasi (Relasi) oleh KPU Rejang Lebong Senin (28/1) kemarin. KPU Rejang Lebong mengingatkan Relasi agar tetap menjaga independensi dalam melaksanakan tugasnya.  \"Dengan dilantiknya relawan demokrasi hari ini, kami mengingatkan kepada kawan-kawan relawan demokrasi untuk menjaga independensi,\" sampai Koordinator Divisi Sosialisasi KPU Rejang Lebong, Ujang Maman usai pelantikan Relasi di salah satu hotel di Kota Curup kemarin.

Ujang mengingatkan bahwa Relasi harus bisa menjaga independensi mereka, karena menurut Ujang, Relasi merupakan bagian dari penyelenggara Pemilu yang harus independen. Oleh karena itu, dalam melaksanakan tugasnya nanti, ia mengingatkan agar Relasi tidak membawa atau turut serta mensosialisasikan satu calonpun. Karena menurutnya tidak menutup kemungkinan dari 55 Relasi tersebut memiliki saudara yang menjadi bagian dari peserta Pemilu.

\"Kita ingatkan agar tetap independen, karena tidak menutup kemungkinan ada dari kawan-kawan relawan demokrasi ini yang saudaranya ikut mencalonkan diri dalam Pemilu serentak 2019 ini,\" tambah Ujang.

Kemudian menurut Ujang, bila nanti dalam melaksanakan tugasnya sebagai relawan demokrasi ada yang ketahuan tidak independen atau ikut mensosialisasikan salah satu calon maka menurutnya KPU Rejang Lebong tidak akan memberi toleransi dan akan langsung dilakukan pemecatan.

\"Bila nanti ada yang terbukti tidak independen, maka saya pastikan akan kami pecat,\" tegas Ujang.

Di sisi lain, dengan dilantiknya Relasi kemarin, maka menurut Ujang mereka sudah resmi menjadi anggota Relasi dan akan bertugas hingga tanggal 28 April mendatang. Namun sebelum melaksanakan tugas mereka mendapat pembekalan terlebih dahulu, dimana kemarin pemateri pembekalan adalah anggota KPU Provinsi Bengkulu, Siti Baroroh. \"Relawan Demokrasi ini kita rekrut untuk mendongkrak partisipasi pemilih di Kabupaten Rejang Lebong ini,\" terang Ujang. Dengan adanya sosialisasi yang dilakukan Relasi yang berasi dari 11 basis masyarakat tersebut, menurut Ujang KPU Rejang Lebong menargetkan partisipasi Pemilih di Kabupaten Rejang Lebong bisa mencapai 80 persen. (251)

Tags :
Kategori :

Terkait