Guru Matematika SMAN 1 Talang Empat, Puji Hartati S.Pd mengatakan, jika guru selalu berinovasi dalam proses pembelajaran, akan tercipta suasana Kegiatan Belajar Mengajar (KBM) penuh sikap pandang saling mengerti.
“Kuncinya pada guru, tidak harusnya guru selalu menjadi objek ditakuti peserta didik. Guru harus memberi kenyamanan belajar peserta didik,” katanya.
Seorang guru tidak perlu mengeluh dengan kegagalan yang dialami siswa, sebaliknya berkhayal tentang keberhasilan siswa tanpa berbuat apa-apa. “Jadi kalau dikaji lebih optimal, memang keberadaan guru menjadi penentu seorang peserta didik. Guru tidak perlu mengecam hal-hal negatif pada diri siswa dan khalayan tinggi, tetapi memberi motivasi,” ujar Puji.
Sebagaimana hasil belajar siswa di bawah rata-rata atau bawa standar ketuntasan belajar minimal (KKM). Dengan mengindentifikasi kesulitan siswa dalam belajar. (111)