Rejang Lebong Bebas Ormas Terlarang

Kamis 24-01-2019,13:08 WIB
Reporter : redaksi2
Editor : redaksi2

KEPALA Kantor Kesatuan Bangsa dan Politik (Kesbangpol) Kabupaten Rejang Lebong, Khaidir memastikan tidak ada organisasi masyarakat (Ormas) terlarang yang ada di Kabupaten Rejang Lebong. \"Dari pemantauan yang kita lakukan, hingga saat ini kita tidak menemukan adanya organisasi terlarang di Kabupaten Rejang Lebong,\" sampai Khaidir. Dijelaskan Khaidir, tak hanya Ormas terlarang, pihaknya juga tak menemukan adanya Ormas yang berpaham radikal yang di Kabupaten Rejang Lebong.

Namun menurut Khaidir, meskipun hingga saat ini pihaknya belum menemukan adanya Ormas terlarang atau radikal di Kabupaten Rejang Lebong, Kesbangpol Rejang Lebong bersama pihak lainnya terus melakukan pemantauan dilapangan.

Pemantauan tersebut baik dilakukan langsung oleh Kesbangpol Rejang Lebong maupun bekerjasama dengan pihak lain seperti TNI dan Polri bahkan untuk memastikan bahwa tidak ada Ormas-Ormas terlarang atau radikal masuk ke Rejang Lebong pihaknya juga bekerjasama dengan seluruh lapisan masyarakat.

Lebih lanjut Khaidir menjelaskan, selain melakukan pemantauan terhadap organisasi terlarang di Kabupaten Rejang Lebong, pihaknya juga melakukan pendata dan pembinaan baik terhadap Ormas maupun organisasi sosial dan Lembaga Swadaya Masyarakat (LSM) yang ada di Kabupaten Rejang Lebong.

\"Tak hanya memantau, kita juga melakukan pendataan dan pembinaan Ormas, Orsos hingga LSM yang ada di Rejang Lebong,\" aku Khaidir.

Dari pendataan yang mereka lakukan tersebut, menurut Khadir jumlah Ormas, Orsos dan LSM di Kabupaten Rejang Lebong sekitar 70 lembaga. Dari 70 lembaga yang terdaftar di Kesbangpol Rejang Lebong tersebut, sebagian surat keterangan terdaftarnya masih berlaku dan sebagian lagi sudah tak berlaku.

\"Ormas, Orsos dan LSM yang terdata di Rejang Lebong ini baik ormas lokal, regional maupun nasional, data mereka kita ketahui dari laporan yang mereka sampaikan kepada kita,\" sampainya.

Masih menurut Khaidir, dengan terdaftarnya Ormas, Orsos dan LSM di Kesbangpol Rejang Lebong, selain untuk memudahkan pendataan yang mereka lakukan , juga untuk memudahakan dalam pembinaan dan pelibatan Ormas, Orsos dan LSM dalam pembangunan yang dilakukan di Kabupaten Rejang Lebong.(251)

Tags :
Kategori :

Terkait