Disnakan Tawarkan Usaha Penjualan Susu

Senin 21-01-2019,13:07 WIB
Reporter : redaksi2
Editor : redaksi2

CURUP, Bengkulu Ekspress - Untuk memaksimalkan penjualan susu segar yang dihasilkan dua kelompok peternak sapi perah di Kabupaten Rejang Lebong, Dinas Peternakan dan Perikanan (Disnakan) Rejang Lebong menawarkan usaha penjualan susu segar kepada masyarakat Rejang Lebong.

Kepala Dinas Peternakan dan Perikanan Kabupaten Rejang Lebong, Taman SP melalui Plt Kepala Bidang Peternakan drh Firi Asdianto mengatakan, tawaran usaha penjualan susu tersebut mereka sampaikan kepada masyarakat yang mau menambah penghasilan dari menjual susu segar dari petani.

\"Kita akan mendukung masyarakat yang mau menjual susu segar yang dihasilkan para petani kita,\" sampai Firi.

Dijelaskan Firi, bentuk dukungan yang diberikan Dinas Peternakan dan Perikanan yaitu dengan memberikan bantuan pinjaman alat untuk penjualan susu segar. Alat yang akan dipinjamkan kepada penjual susu segar ini adalah lemari pendingin untuk tempat penyimpanan susu agar tak cepat rusak,\" sampai Firi.

Dijelaskan Firi, alat penyimpan susu tersebut sifatnya hanya pinjam pakai, sehingga nanti bila penjual tersebut sudah tidak produktif lagi maka akan diambil oleh pihaknya dan diberikan kepada penjual lainnya yang membutuhkan.

Tak hanya memfasilitasi lemari pendinginnya, Firi juga mengaku Dinas Peternakan dan Perikanan Kabupaten Rejang Lebong juga akan memfasilitasi wadah susu atau untuk pengemasan susu yang akan dijual itu sendiri.

Di sisi lain, Firi juga mengungkapkan dalam mensukseskan program Gerimismas dan membantu para peternak sapi perah di Kabupaten Rejang Lebong yang masih terkendala untuk mendistribusikan susu yang mereka perah, Dinas Peternakan dan Perikanan Kabupaten Rejang Lebong juga akan bekerjasama dengan sekolah-sekolah yang ada di Kabupaten Rejang Lebong,Dimana menurutnya kerjasama yang akan mereka lakukan yaitu dengan melakukan penjualan susu segar di setiap sekolah yang ada di Rejang Lebong.

\"Kita akan melakukan penjualan ke sekolah-sekolah, karena memang susu sangat besar manfaatnya untuk anak-anak termasuk anak-anak usia sekolah,\" aku Firi.

Sementara itu, untuk produksi susu segar di Kabupaten Rejang Lebong, dari dua kelompok ternak sapi perah yaitu di Desa Air Bening Kecamatan Bermani Ulu Raya dan Desa Mojorejo Kecamatan Selupu Rejang, dalam satu harinya bisa menghasilkan 200 liter susu segar.

Dimana menurutnya sebagian susu segar tersebut diambil oleh koperasi yang menaungi dua peternakan tersebut, oleh karena itu untuk membantu penjualan sisanya Dinas Peternakan dan Perikanan Rejang Lebong siap memfasilitasi masyarakat yang akan menjual susu segar dengan memberikan pinjaman perlengkapan penjualan susu segar. (251)

Tags :
Kategori :

Terkait