KPU Gelar Kursus Singkat

Rabu 19-12-2018,09:11 WIB
Reporter : Redaksi Terkini
Editor : Redaksi Terkini

BINTUHAN, Bengkulu Ekspress-Tekad Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kaur dalam mewujudkan demokrasi yang bermartabat dan berkualitas hingga kini kian dikencangkan. Salah satu langkah nyata yang dilakukan yakni mengelar kurus singkat demokrasi dan kepemiluan tahun 2019, di aula Hotel Zalfa Desa Kepala Pasar Kecamatan Kaur Selatan, Selasa (18/12).

Ketua KPU Kaur Mexsi Resmanto SE yang langsung membuka acara tersebut menyampaikan, kursus demokrasi dan kepemiluan ini bertujuan untuk mencari bibit-bibit penyelenggara Pemilu yang profesional dan berintegritas. “Melalui kursus ini berharap bisa meningkatkan kualitas proses pemilu, meningkatkan partisipasi pemilih, meningkatkan kepercayaan publik terhadap proses Pemilu, serta meningkatkan partisipasi masyarakat dalam setiap tahapan Pemilu,” kata Mexsi.

Dikatakannya, kegiatan tersebut dalam rangka menyebarluaskan regulasi penyelenggaraan Pemilu 2019, yakni yang akan memilih anggota DPR, DPD, DPRD, dan Presiden serta wakil presiden secara serentak. Sehingga kursus kepemiluan perlu dipersiapkan dengan matang untuk menyukseskan pesta demokrasi tahun 2019 yang tahapannya kini sudah berjalan.

“Saat ini kita sudah memasuki tahun politik. Pesta demokrasi ini tentunya harus kita persiapkan dengan baik dan matang agar dapat terlaksana dengan lancar dan demokratis,”terangnya.

Sementara itu, dalam acara yang dihadiri anggota komisioner KPU Radius SP, Irpanadi SKom dan Yuhardi SIP, dengan peserta anggota PPK dan masyarakat perwakilan masing-masing kecamatan itu, Yuhardi juga menyampaikan, ada sejumlah materi yang disampaikan dalam kegiatan tersebut, diantaranya terkait teknis kepemiluan seperti sistem pencoblosan, penghitungan, rekapitulasi serta regulasi.

Selain itu juga sejarah demokrasi, kepemiluan dan sebagainya. Ia berharap jebolan dari peserta kursus singkat kepemiluan ini diharapkan menjadi ujung tombak KPU dalam meningkatkan partisipasi pemilih di daerahnya.

“Kita berharap setelah kursus ini masyarakat sadar bahwa satu suara sangat berpengaruh, dan juga nantinya bisa menjadi panitia kelompok penyelenggaran pemungutan suara di TPS wilayahnya masing-masing,” harapnya. (618)

Tags :
Kategori :

Terkait