Program BSPS Capai 98 Persen

Jumat 07-12-2018,18:14 WIB
Reporter : Redaksi Terkini
Editor : Redaksi Terkini

LEBONG, Bengkulu Ekspress – Penyelesaian pembangunan 50 unit rumah baru yang dilakukan di 4 Kecamatan dalam Program Bantuan Stimulan Perumahan Swadaya (BSPS) untuk Kabupaten Lebong, sudah mencapai 98 persen penyelesaian.

Adapun 50 pembangunan rumah baru yaitu 13 unit di Desa Sukau Rajo Kecamatan Amen dan kelurahan tes Kecamatan Lebong Selatan. Selanjutnya 12 unit dibangun di Desa Pungguk Pedaro Kecamatan Bingin Kuning dan Desa Suka Bumi Kecamatan Lebong Sakti.

Dalam pelaksanaan pembangunan rumah baru dalam program BSPS, masyarakat yang dibangunkan rumahnya mendapatkan dana sebesar Rp 30 juta. Dari total tersebut diperuntukan sebesar Rp 25 juta untuk material dan Rp 5 juta untuk upah tukang.

Kepala Dinas Perumahan Rakyat dan Kawasan Permukiman (Perkim) Kabupaten Lebong, Yulizar SH melalui Kabid Pembiayaan Perumahan, Puji Warno SPd, mengatakan bahwa untuk pembangunan fisik rumah sendiri, hingga saat ini telah selesai dilaksanakan. “Saat ini tinggal finising setelah itu rumah sudah dinyatakan selesai,” sampainya.Untuk itulah, pada hari Sabtu (08/12) jika tidak ada halangan pihaknya akan melakukan penempelan menandakan bahwa rumah telah selesai dibangun dan siap ditempati penerima bantuan.

“Jika tidak ada halangan, maka akan kita temple tanda selesai dibangun,” ucapnya.

Ditambahkan Puji, selesainya pembangunan rumah baru di Kabupaten Lebong pemerintah pusat memberikan bonus tambahan berupa program peningkatan kualitas sebanyak 238 unit rumah yang akan dilaksanakan pada bulan Februari 2019 mendatang.

Dari jumlah tersebut nantinya akan dilaksanakan di esa Talang Donok I sebanyak 63 unit, Desa bungin sebanyak 29 unit, Desa Muning Agung dan Desa Talang Kerinci masing-masing 27 unit, Desa Talang Baru I dan Keluarahan turan Lalang masing-masing 20 unit. “ Kelurahan mubai sebanyak 24 unit dan Desa talang Baru II sebanyak 18 unit,” ucapnya.

Sementara itu Kepala Desa Sukau Rajo Kecamatan Amen, Herianto, mengucapkan terima kasih atas bantuan dari pemerintah yang telah membangun 13 unit rumah terhadap masyarakat di Desanya.  “Adanya program ini sangatlah membantu masyarakat kami yang ingin memiliki rumah namun belum ada biaya untuk membangun,” sampainya.(614)

Tags :
Kategori :

Terkait