78 Calon PPK Ikuti Tes Wawancara

Rabu 28-11-2018,15:03 WIB
Reporter : Redaksi Terkini
Editor : Redaksi Terkini

LEBONG, Bengkulu Ekspress– Dari hasil seleksi penelitian administrasi calon anggota Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) yang telah memasukan berkas pencalonan, Komisi Pemilihan Umum (KPU) Lebong meloloskan 78 berkas pelamar untuk mengikuti tes wawancara.

Dari total 78 berkas calon pelamar PPK, dari kuota 7 pelamar setiap Kecamatan (12 Kecamatan) hanya ada 8 Kecamatan yang kuotanya terpenuhi. Yaitu Kecamatan Amen, Lebong Selatan, Lebong Sakti, Uram Jaya, Bingin Kuning, Topos, Pelabai dan Kecamatan Lebong Tengah. Sementara sisanya Kecamatan Rimbo Pengadang dan Kecamatan Lebong Atas sebanyak 6 calon. Kecamatan Lebong Utara sebanyak 5 calon dan Kecamatan Pinang Berlapis hanya 3 pelamar PPK.

Jumlah 78 pelamar yang dinyatakan lolos administrasi berdasakan hasil rapat pleno nomor : 157/PP.05-BA/1707XI/2018 tentang hasil seleksi penelitian administrasi calon anggota PPK pasca putusan Mahkama Konstitusi nomor : 31/PPU-XVI/2018 di KPU Lebong pada Pemilu 2019.

Divisi Sosialisasi, Pendidikan Pemilih, Partisipasi Masyarakat dan SDM KPU Lebong, Effan Lavendes AMp mengatakan, bahwa dari total 78 pelamar anggota PPK yang telah dinyatakan lolos mengikuti tahapan selanjutnya. Yaitu mengikuti tes wawancara yang merupakan salah satu rangkaian dari seleksi.

“Hari ini (kemarin, 27/11), kita sudah melaksanakan tes wawancara kepada para peserta,” jelasnya, kemarin (27/11).

Dalam pelaksanaan tes wawancara terhadap para calon, ada 3 pertanyaan inti yang diminta kepada pelamar untuk menjawabnya. Yaitu, persoalan pemahaman yang berkaitan dengan Pemilu, integritas independensi jika nantinya menjadi anggota PPK dan pengetahuan wilayah tinggal PPK agar semua kegiatan yang dilakukan bisa berjalan dengan baik.

“Namun yang dititik beratkan masalah pemahaman Pemilu dan integritas independen seorang anggota PPK,” ucapnya.

Dari total 78 anggota yang dinyatakan lulus administrasi, nantinya akan dipilih sebanyak 24 anggota PPK untuk bertugas di 12 Kecamatan yang ada di Kabupaten Lebong. Dimana jika tidak ada halangan, tadi malam (27/11) langsung dilakukan rapat pleno dan hari ini (28/11) langsung diumumkan siapa yang lolos. “Pastinya kita tes terlebih dahulu, secepatnya akan kita putuskan siapa yang terpilih,” tutup Effan.(614)

Tags :
Kategori :

Terkait