23 Desa Belum Cairkan DD

Kamis 22-11-2018,09:21 WIB
Reporter : Redaksi Terkini
Editor : Redaksi Terkini

CURUP, Bengkulu Ekspress - Meskipun saat ini proses pencairan dana desa tahap ketiga atau pencairan tahap terakhir. Namun hingga Rabu (21/11) kemarin, masih ada 23 dari total 122 desa di Kabupaten Rejang Lebong yang belum mencairkan dana desa.

\"Untuk proses pencairan dana desa tahap ketiga sudah kita laksanakan, namun ada beberapa desa yang belum melakukan pencairan,\" sampai Plt Kepala Badan Pengelolaan Keuangan Daerah (BPKD) Rejang Lebong, Dra Upik Zumratul Aini MSi, saat dikonfirmasi Rabu kemarin.

Dijelaskan Upik, sebanyak 23 desa yang belum melakukan pencairan tersebut tersebar di 7 kecamatan dari 15 kecamatan yang ada di Kabupaten Rejang Lebong. Karena menurut Upik untuk desa yang ada di 7 kecamatan yaitu Kecamatan Sindang Dataran, Binduriang, Sindang Beliti Ulu, Sindang Beliti Ilir, Kota Padang dan Padang Ulak Tanding serta Kecamatan Curup Tengah sudah melakukan pencairan. Sedangkan untuk Kecamatan Curup tidak memiliki desa sehingga tidak menerima dana desa.

Desa-desa yang belum melakukan pencairan tersebut diantaranya Desa Rimbo Recap dan Pungguk Lalang di Kecamatan Curup Selatan, kemudian Desa Batu Dewa dan Dusun Sawah di Kecamatan Curup Utara. Desa Duku Ulu Di Kecamatan Curup Timur.

Selanjutnya Desa Air Mundu, Tebat Tenong Dalam, Baru Manis, Kampung Melayu, Kampung Sajad, Pagar Gunung, Selamet Sudiarjo, Purwodadi, Air Pikat dan Tebat Pulau yang ada di Kecamatan Bermani Ulu. Sedangkan untuk Kecamatan Bermani Ulu Raya tinggal satu desa lagi yaitu Desa Babakan Baru.

Kemudian untuk wilayah Kecamatan Selupu Rejang, desa yang belum mencairkan dana desa tahap III diantaranya Desa Cawang Lama, Sumber Bening, Karang Jaya, Kayu Manis, Kali Padang dan Mojorejo.\"Untuk Kecamatan Sindang Kelingi masih ada satu desa lagi yang belum mencairkan dana desa tahap III ini yaitu Desa Kayu Manis,\" paparnya.

Lebih lanjut Upik menjelaskan, 23 desa yang belum melakukan pencairan dana desa tahap ke III tersebut, ada beberapa desa yang sudah mengajukan pencairan pada Rabu kemarin. Desa yang melakukan pencairan kemarin seperti Rimbo Recap, Pungguk Lalang dan Batu Dewa.

Terkait dengan masih banyaknya desa yang belum melakukan pencairan dana desa tahap ketiga tersebut. Upik mengaku belum mengetahui pasti penyebabnya, apakah usulan pencairan dari masing-masing desa belum siap atau ada kendala lainnya. Namun upik berharap agar desa-desa yang belum mengajukan pencairan dana desa tahap ketiga untuk segera mengajukan pencairan, sehingga dana desa tersebut bisa segera dimanfaatkan untuk pembangunan didesa masing-masing.

\"Kita berharap agar, desa yang belum mengajukan pencairan tahap ketiga untuk segera melakukan pengajuan pencairan, sehingga dana desa bisa segera dimanfaatkan,\" harap Upik.

Disisi lain, terkait dengan realisasi dana desa di Kabupaten Rejang Lebong sendiri, menurut Upik hingga Rabu kemarin dari total dana desa yang diterima Kabupaten Rejang Lebong tahun 2018 ini sebesar Rp 97,526 miliar sudah terealisasi sebesar Rp 90.128 miliar atau secara persentase sudah terealisasi sebesar 92,41 persen.

Sedangkan khusus untuk tahap ketiga yang masih ada 23 desa yang belum melakukan pencairan, menurut Upik dari total anggaran yang disiapkan untuk pencairan dana desa tahap ketiga di Rejang Lebong sebesar Rp 31,618 miliar sudah terealisasi sebesar 81,04 persen. \"Dari 23 desa yang belum mencairkan tahap ketiga ini total anggarannya mencapai Rp 7.400.971.280,-,\" demikian Upik. (251)

Tags :
Kategori :

Terkait