345 Kotak Suara Rusak

Rabu 07-11-2018,12:23 WIB
Reporter : Redaksi Terkini
Editor : Redaksi Terkini

TAIS, Bengkulu Ekspress- Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Seluma, sudah menerima pengiriman kotak suara dari KPU RI. Kotak suara yag dibawa melalui jasa truk ekspedisi BE 9081 BQ itu berjumlah 3.320 kotak suara atau 595 koli (satu koli 5 kotak suara, red). Hanya saja, setelah diturunkan satu persatu dan dicek ternyata terdapat 69 koli atau 345 kotak suara yang terbuat dari kardus tersebut rusak.

\"Setelah kita lakukan pembongkaran terdapat enam koli kotak suara yang rusak akibat terkena air yang ada di lantai truk ekspedisi. Kotak suara yang bagus saat ini sudah di simpan di gudang,\" terang Ketua KPU Seluma Sarjan Efendi, SE kemarin (6/11) kepada Bengkulu Ekspress.

Dibeberkan, jumlah kotak suara rusak masih kemungkinan bertambah. Karena kotak suara yang masih terbungkus tiak diketahui dalam kondisi bagus atau tidak. Karena untuk membukanya harus menunggu petunjuk dari KPU RI. Kerusakan kotak suara itu ditindak lanjuti dengan membuat berita acara. Untuk dilaporkan ke KPU Provinsi Bengkulu termasuk ke KPU RI. Sekaligus meminta pengiriman ulang kotak suara penggantinya.

\"Nanti kita kirim surat resmi ke KPU RI melalui KPU Provinsi Bengkulu untuk mengirim ulang atau mengganti kotak suara yang rusak tersebut,\" jelasnya.

Sejauh ini total kebutuhan kotak suara sebanyak 3.475 unit. Dengan jumlah kotak suara yang ada saat ini jelas masih kekurangan. Hal itu dilaporkan juga dengan harapan kedepan dapat dipenuhi. Ditambahkan Sarjan, kebutuhan kotak suara untuk pemilih di Kabupaten Seluma.

Setiap TPS butuh 5 kotak suara dikali 664 dengan total 3.320 kotak suara. Ditingkat PPK sebanyak 11 dikali 14 sehingga berjumlah 154. Sedangkan di KPU Sendiri berjumlah 1 kali 1 total kebutuhan seluruhnya berjumlah 3.475. Untuk sementara kotak suara yang sudah ada sebanyak 2975. Sehingga masih di butuhkan sebanyak 530 kotak suara.

Diketahui, truk pengangkut logistik kotak suara tersebut tiba di KPU Seluma Senin malam (5/11) pukul 21.00WIB. Meski begitu, pembongkaran dan penyusunannya baru dilakukan sekitar pukul 08.00 WIB, kemarin (6/11). Saat diterima kotak suara itu masih tersegel. Sesuai aturan pembongkaran harus dilakukan dijam kerja. Oleh karena itu truk menginap di Sekretariat KPU Seluma, menunggu waktu pembongkaran dan tetap di simpan di gudang jalan Merdeka, Tais,\" ujar Sarjan.

Sarjan menambahkan, bilik suara pengirimannya dilakukan melalui jalur laut. Saat ini kapal pengangkut bilik tersebut telah bersandar di Dermaga Pulau Baai Kota Bengkulu. \"Kalau jadwalnya besok bilik suara sudah masuk di KPU Seluma. Untuk pastinya kami masih menunggu informasi dari KPU Provinsi Bengkulu,\" imbuhnya. (333)

Tags :
Kategori :

Terkait