Usulkan 3 Lokasi Terminal Baru

Kamis 01-11-2018,13:40 WIB
Reporter : redaksi2
Editor : redaksi2

LEBONG, Bengkulu Ekspress – Bidang Perhubungan, Dinas Pekerjaan Umum Penataan Ruang dan Perhubungan (PUPRP) Kabupaten Lebong mengusulkan 3 lokasi untuk pembangunan terminal baru. Kepala Bidang (Kabid) Perhubungan Dinas PUPRP Lebong, Ummi Hadir Rambe ST mengatakan, adapun 3 lokasi terminal baru yang diusulkan yaitu di kawasan Desa Suka Bumi Kecamatan Lebong Sakti, perkebunan ubi di kawasan Desa Kampung Jawa Kecamatan Lebong Utara

“Terakhir di lahan samping makam pahlawan di kelurahan Tanjung Agung Kecamatan Pelabai,” jelasnya, kemarin (31/10).

Menurutnya, ketiga lahan yang diusulkan tersebut sesuai hasil studi kelayakan yang dilakukan pihak Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda) tahun 2016 yang lalu. Sehingga di tahun 2018 ini diusulkan dan di tahun 2019 mendatang bisa realisasi pembangunan terminal baru.“Saat ini usulan telah disampaikan ke Dinas Perumahan dan Kawasan Permukiman untuk pembebasan lahan,” sampainya.

Untuk luas kawasan terminal nanti, pihaknya tidak menyampaikan berapa luas lahan yang dibutuhkan. Hal ini dikarenakan dalam pembangunan terminal untuk Kabupaten Lebong masih terminal tipe C. “Kalu terminal tipe C tidak ditentukan luasnya, yang penting ada terminal untuk mendukung kegiatan Perhubungan,” ujarnya

Berbeda jika akan membangun terminal dengan tipe B maupun A, harus menyertakan ukuran standar pembangunan. Itupun untuk terminal tipe B nantinya akan dikelola Pemerintah Provinsi Bengkulu. Sementara untuk terminal tipe A nantinya akan dikelola Kementerian Perhubungan.

“Untuk tipe terminal juga kondisi kawasan daerah itu sendiri, nanti jika sudah kembali ada terminal, akan bisa mencanangkan untuk perubahan tipe terminal,” pungkas Ummi.(614)

Tags :
Kategori :

Terkait