KPU Sempurnakan DPTHP

Rabu 31-10-2018,13:59 WIB
Reporter : redaksi2
Editor : redaksi2

CURUP, Bengkulu Ekspress - Meskipun beberapa waktu lalu KPU Rejang Lebong telah melakukan perbaikan terhadap Daftar Pemilih Tetap (DPT) untuk Pemilu serentak 2019 di Rejang Lebong, namun Selasa (30/10) kemarin, KPU Rejang Lebong kembali melakukan penyempurnaan DPT Hasil Perbaikan (DPTHP).

Ketua KPU Rejang Lebong, Drs Restu S Wibowo menjelaskan, kegiatan yang mereka laksanakan di salah satu hotel di Kota Curup tersebut mereka sebut dengan rapat koordinasi maksimalisasi penyempurnaan DPTHP-1 Pemilu 2019.

\"Kegiatan ini kita lakukan sebagai bentuk koordinasi kita dengan PPK dari 15 kecamatan yang ada di Rejang Lebong,\" sampai Restu.

Koordinasi yang mereka lakukan tersebut juga sebagai persiapan mereka sebelum melakukan pleno perbaikan DPTHP. Menurut Restu dalam perbaikan DPTHP sendiri, mereka lakukan mulai dari tingkat PPS. Dengan adanya perbaikan lagi yang mereka lakukan tersebut, ia berharap semua data pemilih bisa selesai sehingga saat dilakukan pleno nanti tidak ada masyarakat lagi dan sudah sinkron dengan data yang dimiliki Bawaslu maupun Partai Politik.

Dalam kegiatan kemarin, Restu berharap masukan tidak hanya datang dari anggota PPK saja melainkan juga dari Bawaslu dan Partai Politik yang ada di Rejang Lebong. Karena menurut Restu dengan adanya masukan baik dari Bawaslu maupun Parpol sehingga data yang ada tidak ada masalah lagi.

\"Dari beberapa masalah yang kita temukan, sebagian besar yang kita temukan masih adanyanya data ganda,\" sampai Restu.

Lebih lanjut Restu menyampaikan, hingga kemarin pihaknya belum melakukan perekapan terhadap jumlah pemilih ganda atau pemilih yang dinyatakan Tidak Memenuhi Syarat (TMS). Namun menurut Restu pihak memprediksi akan adanya perubahan jumlah DPT dari yang mereka tetapkan beberapa waktu lalu. Perubahan tersebut ada setelah pihaknya melakukan Gerakan Melindungi Hak Pilih (GMHP) yang mereka laksanakan selama 28 hari mulai dari tanggal 1 sampai 28 Oktober kemarin.

\"Kita memperkirakan jumlah DPT kita akan bertambah karena terjadi penambahan berdasarkan data yang diberikan oleh Disdukcapil Rejang Lebong untuk data-data pemilih baru.

Sementara itu, untuk untuk pemilih yang dinyatakan TMS, menurut Restu sudah mereka keluargakn dari DPT setelah sebelumnya diverifikasi faktual oleh petugas PPS dan PPK. (251)

Tags :
Kategori :

Terkait