88 Persen OPD Kurang SDM IT

Jumat 26-10-2018,13:10 WIB
Reporter : redaksi2
Editor : redaksi2

LEBONG, Bengkulu Ekspress– Sebesar 88 Persen Organisasi Perangkat Daerah (OPD) yang ada di Kabupaten Lebong, masih kekurangan Sumber Daya Manusia di bidang teknologi informasi (IT). Hal tersebut didapat dari hasil survey yang dilakukan PT Gamatechno Indonesia.

Dimana PT Gamatechno Indonesia sebelumnya digandeng Dinas Komunikasi Informatika Satatistik dan Persandian (Diskominfo SP) Kabupaten Lebong, dalam penyusunan draf rancangan Peraturan Daerah (Raperda) Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK) E-Govermen.

Masih banyaknya OPD yang kekurangan SDM IT, kemarin (25/10) bertempat di ruang media center Diskominfo SP, sebanyak 29 OPD terutama OPD yang masih kekurangan SDM IT diajak untuk mengikuti Focus Grup Disccusion (FGD) dalam melakukan penyusunan rencana induk pengembangan TIK di Kabupaten Lebong.

Namun disayangkan dari jumlah 29 OPD yang diajak untuk mengikuti acara FGD, hanya 8 OPD yang hadir antara lain yaitu Kecamatan Pelabai, Dinas Pendidikan dan Kebudayaan, Dinas Ketahanan Pangan, Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD), Dinas Penanaman Modal Pelayanan Terpadu Satu Pintu (DPMPTSP), Dinas Perindustrian dan Perdagangan, Koperasi dan Usaha Kecil Menengah (Disprindagkop dan UKM), Sekretariat Kabupaten (Setkab0 Lebong Bidang Hukum dan.

Sementara OPD-OPD yang besar dan cukup berpengaruh dan membutuhkan SDM IT yang mumpuni untuk menunjang kinerja di pemerintahan di Kabupaten Lebong, tidak ada yang hadir ataupun mengirimkan perwakilannya.

Menyikapi hal tersebut Pelaksa tugas (Plt) Kadiskominfo SP Kabupaten Lebong, Donni Swabuana ST MSi melalui Kepala Bidang (Kabid) E-Government, Statistik dan Persandian, Rengki Anggara SE, sangat menyayangkan ketidak hadiran para OPD yang telah diundang untuk mengikuti kegiatan.

“Selama ini mereka mengeluh, namun ketika diajak untuk belajar bersama untuk meningkatkan kualitas SDM IT nya mereka malah tidak menghadirinya,” ucapnya, kemarin (25/10).

Selama ini, OPD yang masih merasa kekurangan SDM IT nya, juga sangat berharap adanya pelatihan ataupun kegiatan lain masalah IT. Apalagi kedepan dan saat ini Pemkab Lebong telah memulai melaksanakan berbagai kegiatan berbasis IT

“Jadi adanya SDM IT yang berkualitas sangat dibutuhkan dari masing-masing OPD, terutama OPD yang masih merasa kekurangan,” ujarnya.

Walaupun tidak mencapai setengah dari total yang diundang, kegiatan ini tetap dilaksanakan. Sehingga, kedepan masing-masing OPD yang merasa kekurangan SDM IT yang tidak mengikuti jangan sampai mengeluh karena SDMIT nya masih kurang berpengalaman atau kurang mendapatkan ilmu.“Kami harap selanjutnya bisa hadir dan mengikuti kegiatan terutama mengenai,” harapnya.(614)

Tags :
Kategori :

Terkait