Rohidin Raih Penghargaan Proklim 2018

Kamis 25-10-2018,10:15 WIB
Reporter : Redaksi Terkini
Editor : Redaksi Terkini

BENGKULU, Bengkulu Ekspress- Pelaksana Tugas (Plt) Gubernur Bengkulu, Dr H Rohidin Mersyah meraih penghargaan Program Kampung Iklim (Proklim) 2018, Pada Hari Aksi Perubahan Iklim 2018 di Auditorium Manggala Wanabakti Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan RI.

Dalam kesempatan itu, Rohidin mengatakan pemerintah terus berupaya mendorong masyarakat untuk melakukan adaptasi dan mitigasi terhadap perubahan iklim pada lingkungan. Dengan begitu, daerah yang tadinya panas kalau terawat dan tertata dapat menjadi sejuk dan asri.

\"Menjaga lingkungan wajib dilakukan, apalagi dampak perubahan iklim sangat terasa. Himbauan pada daerah terkait proklim terus dijalankan, sehingga tercipta daerah yang nyaman dan tertata,\" ujar Rohidin, kemarin (24/10).

Menurutnya, Program ini bermanfaat untuk kemajuan daerah. Pada Proklim 2018 Desa Kali Padang Kabupaten Rejang Lebong, menerapkan Program ini dan berhasil menyabet penghargaan sebagai salah satu desa terbaik dalam program kampung iklim.

\"Sekarang Desa Kali Padang yang dapat, besok harus ada desa lain yang dapat penghargaan. Penerapan Proklim dengan menjaga dan membangun lingkungan agar lebih sejuk dan asri wajib digalakkan,\" tutur Rohidin

Senada dengan itu, Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan RI Siti Nurbaya menyampaikan penghargaan ini sebagai Wujud apresiasi kepada pemerintah daerah yang secara aktif telah melaksanakan pendampingan dan pembinaan Proklim di wilayah setempat. \"Konsep dasar ketahanan iklim sudah diterapkan dengan baik melalui ProKlim. Kampung iklim sarana yang baik sebagai bagian ketahanan bangsa,\" ucapnya

Orientasi ketahanan iklim di Indonesia berarti juga merupakan ketahanan nasional yang menjadi tombak terdepannya ada di level keluarga, Rukun Tetangga (RT), hingga kampung atau desa. ProKlim mengimplementasikan adaptasi dan mitigasi yang dalam jangka panjang akan mengurangi tantangan dan biaya dalam menghadapi perubahan iklim.

\"Upaya yang dilakukan bapak dan ibu terkesan kecil, tapi itu sebenarnya besar untuk ketahanan iklim nasional,\" ungkap Provinsi Bengkulu menerima penghargaan bersama 10 Pemerintah Provinsi dan  41 Pemerintah Kabupaten/kota Se-Indonesia. (151/MC)

Tags :
Kategori :

Terkait