Ratusan Pelamar CPNS Tak Lolos

Sabtu 20-10-2018,10:52 WIB
Reporter : Redaksi Terkini
Editor : Redaksi Terkini

Tes Dirancang Satu Lokasi

BENGKULU, Bengkulu Ekspress- Proses verifikasi berkas pendaftaran calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) Pemprov Bengkulu telah tuntas. Dari 5.840 berkas yang diverifikasi, sebanyak 477 berkas pendaftaran dinyatakan tak lolos seleksi administrasi.

Artinya, ada sebanyak 5.708 peserta berhasil lolos adminsitrasi yang berhak merebutkan 317 kursi CPNS. \"Verifikasi sudah selesai. 5.708 peserta kita nyatakan lulus verifikasi berkas pendaftaran,\" ujar Kepala Badan Kepegawaian Daerah (BKD) Provinsi Bengkulu, Ir Diah Irianti MSi, kemarin (19/8).

Dia menjelaskan, dari pendaftar yang tidak lolos administrasi itu, lantaran ada kesalahaan dari pelamar yang mendaftar tidak sesuai dengan jabatan yang dilamar. Termasuk ada juga yang tidak lengkap berkas serta, dokumen yang dikirimkan tidak mendapatkan legalisir dari pejabat yang berwewenang. Sehingga BKD menyatakan tidak lolos administrasi. \"Beberapa faktor fatal ini yang membuat harus tidak lulus,\" tambahnya.

Berkas yang telah lulus verifikasi itu akan langsung disampaikan ke BKN pusat.  Termasuk nantinya pada tanggal 21 Oktober akan mengumumkan secara langsung kepada peserta melalui link sscn.bkn.go.id. Ketika telah diumumkan, maka peserta nantinya bisa mengetahui nomor urut peserta menjalankan tes CPNS nantinya. \"Kita umumkan dulu. Baru nanti masuk ketahapan selanjutnya,\" pungkas Diah.

Sedangkan Pelaksanaan tes calon pegawai negeri sipil (CPNS) menggunakan sistem Computer Assisted Test (CAT), di Provinsi Bengkulu dirancang satu tempat yaitu UPT Badan Kepegawaian Negara (BKN) Bengkulu. Rancangan itu dilakukan, mengingat masih adanya 4 kabupaten di Bengkulu mengusulkan pelaksanaan tes CPNS di UPT BKN.

Empat kabupaten itu ialah Kabupaten Lebong, Seluma, Kepahiang dan Bengkulu Selatan. mengatakan, rancangan itu dikecualikan untuk Kabupaten Rejang Lebong yang telah diputuskan oleh Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (KemenPAN-RB) melaksanakan tes CPNS secara mandiri. \"Itu masih belum final. Karena sampai sekarang keputusan Kemenpan-RB belum keluar,\" terangnya.

Saat ini, lanjut Diah, KemenPAN-RB masih membahas dan memperhitungkan apakah layak dibuat satu tempat lokasi tes CPNS untuk kuota pemprov dan 8 kabupaten di Bengkulu. Mengingat saat ini, UPT BKN hanya akan mendapatkan bantuan komputer sebanyak 200 unit. Sementara jumlah pelamar dari kabupaten dan pemprov sudah mencapai puluhaan ribu orang.  \"Kita tunggu dulu keputusannya seperti apa nanti,\" tambahnya.

Diah mengataskan, yang sudah final menggelar tes CPNS di UPT BKN Bengkulu itu hanya untuk kuota pemprov saja. Selebihnya masih menunggu keputusan dari pusat. Sebab, nantinya tes CPNS untuk instansi vertikal juga rencananya akan digelar di UPT BKN Bengkulu.  \"Kalau instansi vertikal itu biasanya di UPT,\" ungkap Diah. (151)

Tags :
Kategori :

Terkait