148 Km Jadi Jalan Negara

Selasa 16-10-2018,11:30 WIB
Reporter : redaksi2
Editor : redaksi2

LEBONG, Bengkulu Ekspress – Sepanjang 148 kilometer jalan lintas Kabupaten Lebong- Rejang Lebong dan Lebong- Bengkulu Utara yang saat ini berstatus jalan Provinsi Bengkulu, ditargetkan di tahun 2019 mendatang akan menjadi jalan negara.

Adapun jalan lintas milik Provinsi Bengkulu yang ada di Kabupaten Lebong, yaitu dari mulai segmen Curup, Kabupaten Rejang Lebong menuju Kecamatan Rimbo Pengadang yang selanjutnya Rimbo Pengadang menuju Tes. Selanjutnya, segmen Tes menuju Muara Aman dan segmen Muara Aman menuju Lebong Atas menuju Kerkap-Padang Jaya Kabupaten Bengkulu Utara.

Kepala Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda) Kabupaten Lebong, Ir Eddy Ramlan MSi mengatakan, bahwa program peningaktan status jalan provinsi menjadi jalan negara dilaksanakan 1 kali dalam 5 tahun.

“Adanya program tersebut, kita telah mengajukan agar status jalan yang ada di kabupaten Lebong bisa berubah,” jelasnya, kemarin (15/10).

Menurutnya, pihaknya telah menyampaikan ke Dinas PUPR Provinsi Bengkulu. Selanjutnya Dinas PUPR Provinsi telah menyampaikan perubahan status tersebut ke Kementerian PUPR dan telah ada titik terang akan adanya perubahan status tersebut.“Kementerian telah menyetujuinya dan saat ini tinggal implementasinya lagi,” ujarnya.

Terpisah, pelaksana tugas (Plt) Dinas PUPRP Kabupaten Lebong, Agus Ferdinand ST mengatakan, bahwa pihaknya akan kembali melakukan pelebaran jalan segmen Tes menuju Rimbo Pengadang yang akan dilaksanakan di tahun 2019 mendatang.

“Dimana akan dimasukan dalam perumusan Rancanagan Anggaran Pendapatan Belanja Daerah (RAPBD) 2019 mendatang,” singkatnya

Dimana untuk mewujudkan hal tersebut, Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Lebong melalui Dinas Pekerjaan Umum Penataan Ruang dan Perhubungan (PUPRP) telah telah membantu Pemerintah Provinsi Bengkulu, melakukan pelebaran ruas jalan provinsi yang ada di Kabupaten Lebong secara bertahap dengan menggunakan Anggaran Pendapatan Belanja Daerah (APBD) Lebong.

Adapun segmen jalan yang telah dilakukan pelebaran mulai dari Muara Aman menuju Atas Tebing dan Muara Aman menuju Tes, selanjutnya akan dilakukan pelebaran ruas jalan segmen Tes menuju Rimbo Pengadang.(614).

Tags :
Kategori :

Terkait