Butuh Irigasi

Senin 04-02-2013,13:00 WIB
Reporter : Rajman Azhar
Editor : Rajman Azhar

Sejumlah petani di Desa Tanjung Bunga I Kecamatan Lebong Tengah meminta pemerintah setempat untuk membangun irigasi serta jaringannya di daerah itu. Sehingga saat musim tanam para petani tidak kekurangan air.

Hal tersebut disampaikan Kepala Desa Tanjung Bunga I Kecamatan Lebong Tengah.Edi Munandar kepada wartawan kemarin. Dijelaskannya, saat musim tanam daerah mereka sering kekurangan air. Penyebabnya karena jaringan irigasi masih dinilai kurang dan ada sebagian ada yang rusak sehingga air tidak bisa mengalir ke sawah.

\"Akibat dari itu setiap tahun hasil panen petani tidak sebanyak di desa lain. Irigasi yang kurang itu irigasi kecil atau irigasi tersier, jadi ada beberapa sawah yang masih kesulitan air saat musim tanam,\" kata Edi.

Selain itu, dia juga meminta agar dapat dilakukan pembangunan jalan usaha tani di desanya. Hal tersebut dirasa sangat bermanfaat dalam menunjang hasil panen para petani.

\"Jadi kalau jalan JUT-nya bagus, masyarakat jadi lebih mudah untuk mengangkut hasil panennya dan akan berdampak pada peningkatan ekonomi masyarakat,\" pungkas Edi.(***)

Tags :
Kategori :

Terkait