Surat Suara Khusus Disabilitas

Selasa 09-10-2018,12:50 WIB
Reporter : redaksi2
Editor : redaksi2

CURUP, BENGKULU EKSPRESS - Untuk mempermudah pemilih yang memiliki kebutuhan khusus atau disabilitas memberikan hak suaranya pada Pemilu Serentak 2019 mendatang, KPU Rejang Lebong akan menyiapkan kertas suara khusus untuk penyandang disabilitas.

Menurut Anggota KPU Rejang Lebong, Lusiana, surat suara khusus tersebut terutama diperuntukkan untuk mereka memiliki masalah penglihatan atau tuna netra. Dalam surat suaranya akan dilengkapi dengan tulisan hurup braille sehingga akan mempermudah mereka memberikan hak suara mereka.

\"Khusus untuk penyandang disabilitas terkhusus tuna netra nanti akan kita siapkan kertas suara yang dilengkapi dengan hurup braille,\" sampai Lusi.

Dengan adanya kertas suara yang memiliki hurup braille tersebut, ia berharap bisa membantu pemilih tuna netra untuk menyampaikan hak suaranya dalam Pemilu serentak 2019 mendatang.Terkait dengan pemilih Disabilitas sendiri, Lusi mengaku hingga saat ini yang sudah masuk dalam DPT Rejang Lebong sendiri sebanyak 423 pemilih yang tersebar di 15 kecamatan yang ada di Kabupaten Rejang Lebong.

\"Terbanyak berada di Kecamatan Selupu Rejang dan Kecamatan Curup Timur dengan masing-masing Kecamatan berjumlah 50 orang,\" sampai Lusi

Dijelaskan Lusi, untuk Kecamatan Curup ada sebanyak 34 pemilih disabilitas dengan rincian 10 orang kategori tuna daksa, 4 orang dengan kategori tuna netra, 4 orang kategori tuna rungu atau wicara, 9 orang kategori tuna grahita dan 7 orang kategori disabilitas lainnya.

Kemudian Kecamatan Curup Utara sebanyak 34 pemilih dengan rincian 10 orang tuna daksa, 8 orang tuna netra, 4 orang tuna rungu atau wicara, 4 orang tuna grahita dan 8 orang disabilitas lainnya. Kecamatan Curup Timur sebanyak 50 pemilih dengan rincian 24 orang tuna daksa, 12 orang tuna netra, 5 orang tuna rungu atau wicara, 5 orang tuna grahita dan 4 orang disabilitas lainnya.

Kecamatan Curup Selatan dengan 18 pemilih dengan rincian 2 orang tuna daksa, 2 orang tuna netra, 7 orang tuna rungu atau wicara, 4 orang tuna grahita dan 3 disabilitas lainnya. Kecamatan Curup Tengah sebanyak 36 pemilih dengan rincian 7 orang tuna daksa, 2 orang tuna netra, 11 orang tuna rungu atau wicara, 10 orang tuna grahita dan 6 orang disabilitas lainnya.

Selanjutnya Kecamatan Bermani Ulu sebanyak 27 pemilih dengan rinciannya 12 orang kategori tuna daksa, 3 orang kategori tuna netra, 4 orang kategori tuna rungu atau wicara, 7 orang kategori tuna grahita dan 1 orang kategori disabilitas lainnya.\"Sementara Kecamatan Bermani Ulu Raya (BUR) hanya memiliki 1 pemilih disabilitas, yakni pemilih tuna daksa,\" papar Lusi.

Lebih lanjut ia menjelaskan, Kecamatan Selupu Rejang sebanyak 50 pemilih dengan rincian 26 orang kategori tuna daksa, 5 orang tuna netra, 6 orang tuna rungu/wicara, 9 orang tuna grahita dan 4 orang disabilitas lainnya. Lalu, Kecamatan Binduring dengan 31 pemilih dengan rincian 5 orang tuna daksa, 4 orang tuna netra, 4 orang tuna rungu/wicara, 4 orang tuna grahita dan 14 disabilitas lainnya.

Selanjutnya Kecamatan SBU 29 pemilih dengan rincian 9 orang tuna daksa, 4 orang tuna netra, 10 orang tuna rungu atau wicara, 4 orang tuna grahita dan 2 orang disabilitas lainnya. Kecamatan Sindang Dataran 3 pemilih dengan rincian 1 orang tuna daksa, 1 orang tuna netra dan 1 orang tuna rungu atau wicara. Kecamatan SBI 30 pemilih dengan rincian 5 orang tuna daksa, 7 orang tuna netra, 11 orang tuna rungu atau wicara, 4 orang tuna grahita dan 2 orang disabilitas lainnya.

Selanjutnya Kecamatan Kota Padang sebanyak 14 pemilih disabilitas dengan rinciannya 3 orang kategori tuna daksa, 4 orang kategori tuna netra, 1 orang kategori pemilih tuna rungu atau wicara, 3 orang pemilih kategori tuna grahita dan 3 orang kategori disabilitas lainnya.

Kemudian Kecamatan Padang Ulak Tanding sebanyak 35 pemilih dengan rincian 6 orang pemilih dengan kategori tuna daksa, 5 orang dengan kategori tuna netra, 3 orang dengan kategori tuna rungu atau wicara, 9 orang dengan kategori tuna grahita dan 12 orang dengan disabilitas lainnya.

Kecamatan Sindang Kelingi ada sebanyak 31 orang dengan rincian 8 orang kategori tuna daksa, 2 orang kategori tuna netra, 10 orang kategori tuna rungu atau wicara, 5 orang kategori tuna grahita dan 6 orang kategori disabilitas lainnya.(251)

Tags :
Kategori :

Terkait