Hindari Jam Padat Unggah Syarat CPNS

Rabu 26-09-2018,09:21 WIB
Reporter : Redaksi Terkini
Editor : Redaksi Terkini

Hari Ini Pendaftaran Dibuka

BENGKULU, Bengkulu Ekspress-Sesuai dengan jadwal, hari ini (26/9) menjadi hari pertama pendaftaran calon pegawai negeri sipil (CPNS) tahun 2018 dimulai. Kepala Badan Kepegawaian Daerah (BKD) Provinsi Bengkulu, Ir Diah Irianti MSi melalui Kepala Bidang Pengadaan, Pemberhentian dan Informasi Kepegawaian (PPIK), Dei Natali Handy mengatakan, beberapa hal yang perlu diperhatikan bagi calon pelamar CPNS. Seperti syarat dokumen yang sudah ditentukan wajib untuk dilengkapi. Semua syarat itu nantinya diunggah melalui portal pendaftaran di https://sscn.bkn.go.id.

\"File yang akan diunggah dalam bentuk scan harus disesuaikan ukurannya sesuai ketentuan,,\" ujar Dei, kepada Bengkulu Ekspress, kemarin (25/9).

Dokumen yang perlu di scan itu, seperti pas foto, swa foto, kartu tanda penduduk, surat lamaran, ijazah, transkrip nilai dan dokumen lainnya yang disyaratkan. Calon pelamar juga harus memahami alur pendaftaran yang sudah ada panduannya diportal tersebut. \"Alurnya harus dipahami, agar tidak salah,\" paparnya.

Tidak hanya itu, Dei juga kembali mengingatkan, para calon pendaftar juga dilarang untuk mendaftar di dua instansi atau daerah. Sebab jika dilakukan maka pendaftaran akan ditolak. Termasuk memastikan nomor induk kependudukan (NIK) di KTP dan KK juga terkoneksi. Jangan sampai nomor tersebut tidak valid untuk mendaftar nantinya.  \"Server akan mendeteksi kesalahaan, jika calon pelamar melakukan pelanggaran,\" tutur Dei.

Die menerangkan, agar pendaftaran tidak sulit diakses, maka masyarakat bisa memperkirakan waktu yang cenderung sepi untuk mengaksesnya. Meski pengumuman berbasis website, masyarakat tidak dianjurkan mengakses atau mendaftar CPNS melalui perangkat telepon genggam. \"Cari waktu yang tepat untuk mendaftar. Karena server akan sangat ramai,\" ungkapnya.

Sementara itu, Dei menegaskan, pembukaan pedaftaran tidak akan berubah dari jadwal sebelumnya. Sebab, hingga kemarin belum ada petunjuk untuk melakukan perubahaan dari pemerintah pusat. Meski demikian, jika ada perubahaan maka pemprov akan segera menginfokan secara resmi kepada masyarakat. \"Insyallah tidak ada perubahaan, tapi tetap kita tunggu petunjuk dari pusat,\" tegasnya.

Seperti diketahui, kuota CPNS di Provinsi Bengkulu ada sebanyak 2.650 CPNS yang akan diperebutkan oleh calon pelamar. Terdiri dari tenaga guru 1.493 orang, tenaga kesehatan 746 orang, teknis 392 orang dan honorer K2 sebanyak 19 orang.

Jatah penerimaan CPNS untuk di Pemerintah Provinsi (Pemprov) Bengkulu totalnya ada 317 orang, terdiri 201 orang guru, 55 orang tenaga kesehatan dan 61 orang teknis. (151)

Tags :
Kategori :

Terkait