Siswa SPN Bukit Kaba Dikenalkan Hutan TNKS

Senin 24-09-2018,10:00 WIB
Reporter : redaksi2
Editor : redaksi2

CURUP, Bengkulu Ekspress- Selain diberikan pengetahuan mengenai ilmu kepolisian. Siswa STUKBA SPN Bukit Kaba juga dibekali oleh pemahaman ilmu lainnya salah satunya mengenai kawasan konservasi Taman Nasional Kerinci Sebelat (TNKS).

Dalam upaya mengenalkan kawasan TNKS kepada siswa SPN Bukit Kaba tersebut, menurut Kepala BBTNKS Tamen Sitorus melalui Kepala Bidang PTN Wilayah III Iwin Kasiwan belum lama ini mereka menggelar sosialisasi di SPN Bukit Kaba.

\"untuk mengenalkan kawasan TNKS kepada siswa SPN Bukit Kaba, Jumat (21/9) kemarin kami dari TNKS menggelar sosialisasi di SPN Bukit Kaba,\" sampai Iwin.

Menurut Iwin, kegiatan sosialisasi yang mereka lakukan tersebut tak lain untuk memeberikan pemahaman tentang keberadaan kawasan Hutan TNKS yang berada di empat provinsi salah satunya di Provinsi Bengkulu.

Dimana dalam pengawasan dan perlindungan kawasan TNKS tersebut pihkanya perlu dukungan dari aparat kepolisiaan. Karena menurutnya, saat ini kawasan TNKS diancam dengan sejumlah aktifitas illegal seperti perambahan, penebangan liar hingga perburuan satwa.

\"Dalam menjaga dan melindungi TNKS, tentunya kami memerlukan dukungan anggota Polri, oleh karena itu kita ingin mengenalkan TNKS kepada calon anggota Polri, sehingga saat mereka sudah menjadi anggota Polri nanti mereka sudah mengetahui terkait dengan TNK,\" harap Iwin.

Iwin juga mengungkapkan bahwa, kegiatan sosialisasi yang mereka lakukan kemarin juga merupakan tindak lanjut dari MoU yang dilakukan Balai Besar TNKS kepada empat Kapolda yang masuk dalam wilayah TNKS yaitu Jambi, Sumatera Barat, Bengkulu dan Sumatera Selatan. Dimana menurutnya MoU yang dijalin tersebut ditandatangi pada tahun 2017 lalu.

Sementara itu, Kepala Seksi BBTNKS Wilayah VI Muhammad Zainuddin menambahkan selain untuk mengenalkan kawasan SPN kepada calon anggota Polri yang tengah menyentuh pendidikan di SPN Bukit Kaba, SPN Bukit Kaba juga dipilih karena lokasi SPN Bukit Kaba yang berbatasan langsung dengan kawasan TNKS.

\"Dalam sosialisasi yang kita lakukan, kita mengenalkan TNKS secara keseluruhan termasuk dengan tumbuhan dan satwa yang ada dikawasan TNKS,\" aku Zainuddin.

Zainuddin berharap, dengan adanya pengetahuan tersebut siswa SPN Bukit Kaba saat dilantik diditugaskan ke sejumlah daerah di Provinsi Bengkulu mereka sudah paham atas apa yang harus dilakukan dengan TNKS, terutama mereka yang akan bertugas di Rejang Lebong, Lebong, Bengkulu Utara dan Mukomuko, karena kawasan TNKS di Provinsi Bengkulu ada diempat kabupaten tersebut.

\"Kami berharap kegiatan ini bisa berlanjut setiap tahunnya, sehingga kami bisa berbagi pengetahuan baik mengenai kehutanan maupun taman nasional kepada siswa SPN Bukit Kaba setiap tahunnya,\" demikian Zainuddin.(251)

Tags :
Kategori :

Terkait