Perda Banyak Mandul Kualitas SDM Dinilai Masih Rendah

Rabu 25-07-2018,12:30 WIB
Reporter : Redaksi Terkini
Editor : Redaksi Terkini

BENGKULU TENGAH, Bengkulu Ekspress- Banyaknya peraturan daerah (Perda) yang terbengkalai mendapat respon dari Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Bengkulu Tengah (Benteng). Dalam waktu dekat, dewan akan menjadwalkan pemanggilan terhadap organisasi perangkat daerah (OPD) teknis yang telah mengajukan usulan rencana peraturan daerah (raperda) tersebut.

\"OPD yang mengabaikan Perda akan kami panggil. Dalam waktu dekat, kami akan susun jadwalnya,\" tegas Anggota Komisi II DPRD Kabupaten Benteng, Ir Sucipto, kemarin (24/7).

Menurut Sucipto, evalusasi dan penilaian terhadap seluruh Perda di Kabupaten Benteng akan terus dilakukan anggota legislatif. Sebab, penegakan Perda merupakan salah satu upaya untuk mendukung percepatan pembangunan serta peningkatan kesejahteraan masyarakat.

\"Secara keseluruhan, ada banyak sekali Perda yang belum diterapkan secara maksimal. Kami harap, Pemda Benteng bisa serius menyikapi hal ini. Jangan sampai menimbulkan kesan pengesahan perda sebagai kegiatan mubazir dan hanya membuang-buang anggaran,\" tukasnya.

Dari hasil penelusuran, sambung Sucipto, mandulnya Perda di Kabupaten Benteng disebabkan oleh beberapa faktor. Salah satunya adalah penunjukan pejabat di sejumlah OPD yang tidak sesuai dengan disiplin ilmu yang dimimiki. Sebab, tanpa kompetensi dan pengetahuan yang baik, pelaksanaan tugas sebagai ASN tidak akan berjalan secara lancar.

\"Pantauan kami, kualitas sumber daya manusia (SDM) di lingkunga Pemda Benteng masih rendah. Terkadang, oknum ASN hanya memiliki ambisi menginginkan jabatan namun tak dibekali dengan kemampuan. Saya agak alergi dengan yang seperti ini. Saran saya, penempatan pejabat memang benar-benar harus dievaluasi secara ketat,\" pungkas Sucipto.(135)

Tags :
Kategori :

Terkait