Target Borong Kursi Golkar dan Perindo Daftar Pertama

Senin 16-07-2018,10:10 WIB
Reporter : Redaksi Terkini
Editor : Redaksi Terkini

BENGKULU, Bengkulu Ekspress - Perebutan kursi legislatif sudah dimulai. Partai Golkar menjadi partai pertama mendaftarkan bakal calon legislatif (bacaleg) DPRD Provinsi maupun DPR RI ke Komisi Pemilihaan Umum (KPU) Provinsi Bengkulu.  Pendaftaran itu langsung diantar oleh Ketua DPD I Partai Golkar Provinsi Bengkulu Dr H Rohidin Mersyah MMA bersama rombongan pukul 14.30 WIB. Tidak hanya Partai Golkar, Partai Perindo juga menyusul untuk melakukan pendaftaran pukul 15.30 WIB. Sama, pendaftaran itu langsung diantarkan oleh Ketua DPW Partai Perindo Provinsi Bengkulu Yurman Hamedi bersama rombongan.

\"Alhamdulilah, kita sudah resmi mendaftar,\" ujar Rohidin kepada Bengkulu Ekspress, usai keluar dari Sekretariat KPU Provinsi Bengkulu, kemarin (15/7).

Dari pendaftaran itu, Rohidin menegaskan, partainya sudah diverifikasi oleh KPU. Hasilnya, semua berkas yang diminta oleh KPU telah dipenuhi dan dinyatakan sudah terdaftar dan resmi menjadi peserta pemilihaan umum (pemilu) tahun depan. Baik itu untuk pilleg DPRD Provnsi maupun DPR RI. \"Sesuai dengan UU kita sudah lengkap,\" tambahnya.

Untuk bacaleg DPRD Provinsi, Partai Golkar sudah menyerahkan nama-nama bacaleg sesuai jumlah kursi dimasing-masing daftar pilih (dapil).  Sementara untuk bacaleg di DPR RI, ada 3 nama yang diserahkan, yaitu M Soleh, Trisna Anggraini dan satu nama lagi politisi nasional yang diambil oleh Golkar Pusat. Namun demikian, nama tersebut Rohidin masih enggan membeberkannya. \"Ada tokoh nasional yang dicalonkan. Ini masih dirahasiakan,\" kata Rohidin.

Target suara dalam Pileg, Golkar optimis bisa merebut 10 kursi di DPRD Provnsi. Masing-masing di setiap dapil ada 1 kursi keterwakilan. Lalu di satu dapil dengan gabungan dua kabupaten, seperti Rejang Lebong-Lebong, Bengkulu Utara-Benteng dan Bengkulu Selatan-Kaur, Golkar menargetkan 2 kursi akan didapatkan. \"Yang kita pasang, calon ini memang sudah dekat dengan rakyat dan dekatnya Golkar dengan rakyat,\" ungkapnya.

Senada dengan Ketua DPW Partai Perindo Provinsi Bengkulu Yurman Hamedi menegaskan, Partai Perindo yang sudah mendaftarkan ke KPU Provinsi sebagai peserta pemilu menargetkan 6 kursi. Sementara untuk DPR RI, ditargetkan akan meraih 1 kursi. \"Sebagai partai pendatang baru, target kita menang dan kita bersyukur, partai kita sudah ditetapkan sebagai perserta pemilu,\" terang Yurman. Dalam pencalonan, bacelag DPRD Provinsi, dari kuota 45 kursi, Partai Perindo hanya mampu menyerahkan 42 nama bacelag. Ada 2 kabupaten yang kekurangan bacaleg, yaitu Mukomoko kurang 1 orang caleg dan Kepahiang 2 caleg. \"Mengacu di PKPU, kita cukup 42 bacaleg saja,\" bebernya.

Sementara itu, Ketua KPU Provinsi Bengkulu, Irwan Saputra SAg MM menjelaskan, dua partai yang telah mendaftar Partai Perindo dan Golkar sudah memenuhi dokumen kelengkapan pengajuan pendaftaran. Artinya dua pertai itu sudah langsung menerima surat tanda terima pendaftaran. \"Dokumennya sudah kita lakukan penelitiaan. Dua-duanya sudah kita terima,\" terang Irwan.

Terkait Partai Perindo yang hanya menyerahkan 42 bacaleg dari 45 kursi di DPRD Provinsi, menurut Irwan 42 bacaleg itu sudah memenuhi kursi. Sebab, dari PKPU, Parpol maksimal menyerahkan 100 persen kursi disetiap dapil. Artinya, jika kurang dari jumlah kursi maka tidak dipermasalahnya. Sebab, yang tidak boleh itu lebih dari 100 persen atau melebihi jumlah kursi di setiap dapil. \"Tidak masalah, kalau lebih itu yang tidak boleh,\" jelasnya.

Jika nantinya ada parpol yang tidak lengkap melakukan pendaftaran, maka KPU akan mengembalikan berkas pendaftarannya. Termasuk surat tanda terima pendaftaran juga tidak bisa diberikan. Ketika telah dilengkapi maka tanda terima pendaftaran akan diberikan.

\"Silahkan konsulitasikan dulu dengan tim KPU sebelum mendaftar. Ketika ada kekurangan bisa diperbaiki. Jadi ketika resmi mendaftar, maka tidak ada lagi persolan dan kami bisa langsung berikan surat tanda terima pendaftaran. Kalau tidak diperbaiki, KPU akan mencoret parpol itu,\" terang Irwan.

Setelah dua partai ini mendaftar, parpol lain juga akan mendaftarkan pada hari ini, Senin (16/7). Rencananya, ada Partai Demokrat mendaftar pukul 14.00 WIB, PKPI pukul 14.00 WIB, Nasdem pukul 10.00 WIB, Partai Berkarya pukul 15.00 WIB dan PKS pukul 15:30 WIB. Lalu pada hari terakir, yaitu tanggal 17 Juli, akan mendaftar Partai Gerindra pukul 09.00 WIB, PKB pukul10.00 WIB, PDIP pukul 11.00 WIB, PAN pukul 13.00 WIB, Partai Hanura pukul 13.30 WIB, PPP pukul 15.00 WIB dan PBB pukul 20.00 WIB.

Irwan menegaskan, pendaftaran tetap akan ditutup pada tanggal 17 Juli pukul 00.00 WIB. KPU tidak melakukan perpanjangan waktu pendaftaran. Sebab pada tanggal 18 Juli itu, KPU sudah menyelesaikan proses verifikasi dari pendaftaran parpol. \"Tanggal 19 Juli itu kita sudah pleno dan tanggal 20 Juli itu kita menyerahkan hasil verifikasi. Untuk itu tidak ada penambahaan waktu pendaftaran,\" tandas Irwan. (151)

Tags :
Kategori :

Terkait