Wings Bakal Gantikan Susi Air

Rabu 06-06-2018,14:30 WIB
Reporter : Redaksi Terkini
Editor : Redaksi Terkini

ARGA MAKMUR BENGKULU UTARA, Bengkulu Ekspress- Maskapai Wings Air diprediksi akan menggantikan Susi Air untuk penerbangan rute Bengkulu-Mukomuko dan Bengkulu-Enggano. Wings Air tertarik mengisi penerbangan tersebut lantaran memiliki kapasitas penumpang yang lebih banyak serta sebagai bentuk kemajuan penerbangan di Provinsi Bengkulu.

‘’Kemungkinan hanya maskapai Wings Air yang akan digunakan, karena Pak Plt Gubernur, Dr H Rohidin Mersyah MMA lebih tertarik ke maskapai Wings ketimbang Susi Air,’’ ujar Kepala Dinas Perhubungan (Kadishub) Bengkulu Utara (BU), Eka Hendriyadi MH kepada Bengkulu Ekspress, kemarin (5/6).

Ia menambahkan, tender penerbangan itu masih dalam proses pelaksanaan di tingkat provinsi dan pusat. Sedangkan kabupaten tidak ikut serta dan hanya menerima maskapai apa yang memenangkan lelang tersebut.‘’Kita masih menunggu proses tender ini selesai. Kita hanya selaku penggunanya saja. Sedangkan semua proses tender di tingkat provinsi dan pusat,’’ ungkapnya.

Ia juga mengharapkan agar proses tender itu dapat selesai dengan cepat. Karena, sangat menanti hadirnya kembali penerbangan rutin menuju Enggano dan Mukomuko untuk mempermudah akses transportasi masyarakat. ‘’Memang sudah hampir 6 bulan terjadi kekosongan penerbangan rute Enggano dan Mukomuko. Kita juga inginkan agar penerbangan rutin itu dapat kembali melayani masyarakat,’’ terangnya.

Ia menyampaikan kecenderungan untuk memilih maskapai Wings Air agar dapat meningkatkan jumlah kunjungan wisatawan ke Pulau Enggano. Ini juga untuk mensukseskan Wonderful Bengkulu 2020 mendatang. ‘’Wings Air ATR 72-500 memiliki jumlah bangku penumpang mencapai 60 kursi. Jumlah ini jauh lebih banyak daripada maskapai Susi Air yang hanya berkapasitas penumpang maksimal 12 kursi,’’ tuturnya.

Penerbangan menggunakan Wings Air diharapkan mendapatkan subsidi minimal standar sesuai maskapai Susi Air sebelumnya. Hal ini, mengingat kekuatan ekonomi masyarakat yang mayoritas kalangan menengah kebawah.

‘’Kita juga berharap subsidi penerbangan ini sama seperti Susi Air, yakni kisaran harga tiket per kursi Rp 260 ribu hingga 380 ribu, agar tidak terlalu memberatkan masyarakat,’’ pungkasnya.(816)

Tags :
Kategori :

Terkait