Festival Tabut 2023, Top Kharisma Event Nusantara Resmi Dibuka

Festival Tabut 2023, Top Kharisma Event Nusantara Resmi Dibuka

Gubernur Bengkulu bersama forkopimda dan tamu undangan menabuh dol tanda dibukanya festival tabut 2023-(foto: tri yulianti/bengkulekspress.disway.id)--

BENGKULUEKSPRESS.COM - Festival Tabut tahun 2023  yang merupakan event tahunan di Provinsi Bengkulu telah resmi dibuka oleh Gubernur Bengkulu Rohidin Mersyah, pada Selasa malam (18/7/2023).

Event ini akan berlangsung sejak 1 Muharram hingga 10 Muharram, atau dimulai dari tanggal 19 Juli - 28 Juli 2022 mendatang.

Festival Tabut 2023 ini dibuka langsung oleh Gubernur Bengkulu Rohidin Mersyah dengan dihadiri para tamu undangan baik dari Forkopimda maupun tamu-tamu lainnya yang berasal dari luar daerah Provinsi Bengkulu.

Disampaikan Rohidin Mersyah, festival tabu telah masuk dalam Kharisma Event Nusantara (KEN) oleh Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf).

Artinya, festival tabut ini memiliki nilai kebudayaan, adat istiadat dan juga nilai keagamaan yang harus dilestarikan dan digaungkan ke masyarakat luas agar acara tahunan Provinsi Bengkulu ini dapat terus dilaksanakan.

BACA JUGA:Dua Desa di Seluma Ini Bakal Dikunjungi Presiden Jokowi

"Tabut Bengkulu menjadi salah satu dari top kalender Kharisma Event Nusantara oleh Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Republik Indonesia. Tidak lain ,karena kekuatan budaya yang ditampilkan," kata Rohidin saat memberikan sambutan.

Rohidin juga menyampaikan rasa haru dan bangga atas kolaborasi yang dibangun dalam festival tabut 2023 ini. 

Dimana asosiasi seniman Bengkulu bisa mengangkat budaya-budaya yang ada di Bengkulu untuk mengisi panggung megah festival tabut yang dipusatkan di Lapangan Merdeka, Kota Bengkulu.

Tak hanya itu, kehadiran para tamu undangan dari Provinsi luar Bengkulu juga tak kalah penting dalam perhelatan event tahunan Bengkulu ini.

"Terimakasih atas kolaborasi dan dukungan dari provinsi - provinsi tetangga, para seniman pemerhati budaya Bengkulu. Saya bangga dan haru hati, dimana asosiasi seniman Bengkulu bisa mengangkat budaya-budaya yang ada di Bengkulu yang akan mengisi panggung yang megah ini sebagai bentuk memeriahkan acara festival tabut 2023 yang bersamaan dengan bulan Muharram," ungkapnya.

Dalam mendukung seluruh rangkaian perayaan tabut, seluruh kepala daerah bupati/walikota juga ikut andil dalam festival tabut ini. 

Selain itu, keikutsertaan UMKM Bengkulu dan para pelaku usaha juga tak kalah penting dalam menyukseskan acara festival tabut ini.

"Keikutsertaan UMKM Bengkulu dan para pelaku usaha juga sangat penting ntuk bergerak bersama   membangun ekonomi Bengkulu dalam rangka event tabut yang dilaksanakan dari tahun ke tahun," tutup Rohidin Mersyah. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: