Bupati Minta SKPD Fokus Raih Adipura

Bupati Minta SKPD Fokus Raih Adipura

ARGA MAKMUR, Bengkulu Ekspress- Bupati Bengkulu Utara (BU), Ir Mian meminta seluruh Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD) untuk lebih fokus dalam mencapai Adipura bagi Kabupaten BU. Untuk itu, pekerjaan itu dapat dikeroyok rame-rame agar dapat terwujud. ‘’Sudah 2 tahun stagnan. Saya inginkan tahun ini, semua SKPD benar-benar terlibat dan serius agar piala Adipura ini dapat kita raih tahun ini,’’ ujar Bupati dalam acara coffee Morning di gedung Balai Daerah, Kecamatan Kota Arga Makmur, kemarin (5/2). Bupati menambahkan pembenahan tata kota, mulai dari pembangunan trotoar, revitalisasi Tugu Amanah, rumah adat, bundaran, Alun-alun Rajo Malim Paduko serta taman kota secara bertahap telah dilakukan. Untuk itu, setiap SKPD yang membidangi secara bersama-sama juga dapat mengupayakan perbaikan terhadap indikator yang akan menjadi penilaian.

‘’Perwajahan Kota Arga Makmur walau belum dapat maksimal, tapi ditahun 2017 sudah ada beberapa pembangunan yang kita lakukan untuk mempercantiknya. Kita harapkan tahun ini, dapat penilaian yang lebih baik, sehingga piala Adipura dapat kita raih,’’ ungkapnya. Disamping itu, bupati juga mengajak seluruh elemen masyarakat untuk dapat terlibat dalam melakukan penataan dan perbaikan itu. Misalnya, tidak membuang sampah sembarangan, menjaga lingkungan sekitar agar selalu bersih dan asri.

‘’Dukungan masyarakat tentu menjadi sangat penting. Karena, tidak mungkin pemerintah bekerja sendiri, tanpa masyarakat yang ikut terlibat didalamnya,’’ terangnya.

Sebelumnya, Kepala Dinas Lingkungan Hidup (DLH), Drs H Akmaludin juga menyampaikan telah mendata seluruh kelemahan dan kekurangan ketidakberhasilan meraih piala Adipura di tahun sebelumnya.

‘’Memang kita masih ada bebera kekurangan. Akibatnya, pada penilaian kedua (P2), kita belum berhasil mencapai standar nilai yang ditentukan,’’ jelasnya.

Ia menambahkan beberapa point yang menjadi kelemahan, yakni belum tersedianya tempat sampah warna-warni sebagai pemilihan sampah, bank sampah dan bank sampah induk. Untuk itu, ia tengah mengupayakan agar dalam tahun ini dapat terealisasi dan dikerjakan secara maksimal.

‘’Faktor-faktor kelemahan kita dalam penilaian di tahun lalu, kita upayakan semaksimal mungkin untuk melengkapinya,’’ tuturnya. Ia menyebutkan tim perwakilan dari provinsi telah melakukan penilaian tahap I pada Bulan November 2017. Namun, hingga saat ini masih menunggu pemaparan hasilnya. ‘’Kalau kita lulus P1, maka tim penilai dari pusat akan turun melakukan P2 dan P3,’’ pungkasnya .(816)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: