Kopi Sambung Tingkatkan Ekonomi Petani

Kopi Sambung Tingkatkan Ekonomi Petani

KEPAHIANG, BENGKULU EKSPRESS - Peremajaan sebanyak 3,2 juta batang kopi bertujuan untuk meningkatkan perekonomian masyarakat di Kabupaten Kepahiang. Terutama perekonomian petani kopi bisa meningkat drastis dengan dilakukan peremajaan batang kopi melalui metode sambung.

Bupati Kepahiang, Dr. Ir. Hidayatullah Sjahid, MM mengatakan, 1 juta batang kopi akan diremajakan menggunakan Anggaran Pendapatan Belanja Daerah (APBD) 2018. Sedangkan sisinya dibiaya melalui program pihak swasta, seperti perbankan dan Pemerintah Provinsi (Pemprov) Bengkulu.

\"Dengan program peremajaan diharapkan bisa meningkatkan hasil panen kopi masyarakat, supaya pendapatan warga juga meningkat,\" ungkap Bupati.

Menurutnya, peremajaan batang kopi akan disebar menyeluruh di delapan kecamatan se-Kabupaten Kepahiang sesuai dengan pendataan yang dilaksanakan jajaran Pemkab. \"Pembagian akan dilaksanakan diseluruh kecamatan dengan mekanisme sesuai aturan,\" ujarnya.

Selain melalui program peningkatan hasil panen, pemerintah juga mendorong sektor pengelolaan kopi asli Kepahiang agar dapat memiliki nilai jual lebih tinggi. Dengan menggandeng pihak pihak swasta pemerintah mendorong hasil panen kopi masyarakat dapat dijual keluar negeri (Ekspor) agar harga jual lebih tinggi dari biasanya. (320)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: