Juara Kuis Kihajar Didominasi Perempuan

Juara Kuis Kihajar Didominasi Perempuan

BENGKULU, Bengkulu Ekspress - Lomba Kuis Kihajar tingkat provinsi digelar Balai Teknologi Komunikasi (Tekkom) Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Disdikbud) Provinsi Bengkulu berlangsung di Hotel Vista ditutup. Dari 120 peserta, pemenang lomba didominasi perempuan. Pemenang utama masing-masing jenjang pendidikan yang akan melegang di kuis Kihajar tingkat nasional pada November mendatang semuanya perempuan.

Para pemenang itu antara lain jenjang SMA diraih Mira Nur Usati dari SMAN 10 Pentagon, kabupaten Kaur. Jenjang SMP diraih Lovenia Florentri Andri dari SMPN 1 Kota Bengkulu dan jenjang SD diraih Nisrina Asmadina dari SDN 02 kabupaten Rejang Lebong (BACA GRAFIS). Para juara diberikan hadiah berupa trophi, tas, dan uang pembinaan.

Plt Kepala Balai Tekkom Disdikbud Provinsi Bengkulu, R Wahyu DP menuturkan, kuis Kihajar sudah dilaksanakan sejak 2009, namun provinsi Bengkulu baru mengikuti sejak tahun 2015. Bengkulu pernah mendapat juara peserta Terinspirasi.

Dalam kompetisi tahun ini, untuk juara pertama di Tingkat Provinsi ini diikutkan pada kegiatan yang sama di tingkat nasional, yakni yang akan digelar pada Oktober, namun mengenai kepastian tanggalnya masih menunggu konfirmasi dari Kemendikbud.

\"Materi atau soal yang diajukan dalam Kuis Kihajar adalah semua mata pelajaran. Sedangkan teknisnya adalah, masing-masing soal berikut pilihan jawabannya ditayangkan di layar dengan durasi antara 10 hingga 30 detik,\" katanya.

Kuis ini menonjolkan kecepatan peserta dalam membaca dan memahami. Jika ada peserta yang lambat membaca dan lamba menganalisa, maka akan tertinggal dari peserta lainnya yang lebih cepat membaca dan memahami pertanyaan yang ditayangkan.

Wahyu juga berpesan, para siswa yang belum berhasil masih bisa mengikuti kuis kihajar kembali, \"Silahkan buka kuis pada laman pustekkom, karena kuis kihajar dapat dilakukan di rumah setiap hari dan setiap bulan. Tidak harus menunggu adanya lomba di tingkat provinsi,\" saranya.

Ia berharap doa dan dukungan masyarakat Bengkulu, terlebih kontestasn ini akan membawa nama daerah, besar harapanya Bengkulu bisa menjadi juara di kancah nasional, tandasnya. (247)   Pemenang Kuis A. Jenjang SD 1. Nisrina Asmadina ( SDN 2 Kab. Rejang Lebong) 2. Faizah Aghnalita Zahra (SDIT Rabbani Kota Bengkulu) 3. Athiya Rahma Aulia (SDIT Rabbani Kota Bengkulu) B. Jenjang SMP 1. Lovenia Florentri Andri (SMPN 1 Kota Bengkulu) 2. Afathia Shani Nurrasyah (SMPN 1 Kota Bengkulu) 3. Monica Oktaviona (SMPN 1 Kab. Rejang Lebong) C. SMA/SMK 1. Mira Nur Usati (SMAN 10 Pentagon Kab. Kaur) 2. H Herlambang Prasetya (SMAN 3 Kota Bengkulu) 3. Rahmat Pujiatno (SMAN 10 Pentagon Kab. Kaur)    

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: