50 Ribu Lapangan Kerja Belum Tercapai

50 Ribu Lapangan  Kerja Belum Tercapai

\"lapanganBENGKULU, Bengkulu Ekspress - Badan Perencanaan Pembangunan, Penelitian dan Pengembangan Daerah (Bapelitbang) Kota Bengkulu mengunggkapkan bahwa satu-satunya target Pemerintah Kota Bengkulu yang belum tercapai adalah program 50 ribu lapangan kerja baru.

Hal ini dipengaruhi belum adanya penerimaan Calon Pegawai Negeri (CPNS) di Kota Bengkulu sejak 5 tahun terakhir. Sehingga menyumbang angka pengganguran yang cukup besar mencapai 7 persen di kalangan sarjana.

\"Target Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah (RPJMD) kita itu mencapai 3,5 persen. Nah ternyata pengangguran di Kota Bengkulu angkanya dari BPS itu menjadi 7 persen. Ternyata ada faktor eksternal yakni hampir 5 tahun Bengkulu tidak menerima CPNS,\" kata Kepala Bapelitbang Kota, Drs Riduan, kemarin (20/8).

Menurutnya, tren masyarakat Kota Bengkulu masih bertumpu dan mengandalkan CPNS sebagai pekerjaan yang diincar untuk sumber mata pencaharian yang diandalkan, sehingga rela menunggu.

Namun di sisi lain, Pemkot sudah berupaya untuk membuat masyarakat mandiri melalui program dana bergulir Satu Miliar Satu Kelurahan (Samisake) dengan nilai investasi awal Rp 13,6 miliar.

Hanya saja, program ini hanya berjalan 1 tahun tepatnya pada 2013 lalu. Setelah itu atau tahun kedua tidak berjalan lagi karena mendapat rekomendasi dari Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) agar Perdanya direvisi.

Seiring berjalannya waktu program ini tidak bisa lagi dianggarkan hingga revisi perda tersebut disahkan oleh DPRD Kota. Sementara, saat ini dewan baru akan melakukan pengambilan keputusan tingkat paripurna. Sehingga, target untuk menganggarkan Rp 67 miliar atau Rp 1 miliar satu kelurahan terhenti, dan pengangguran tidak terserap secara maksimal.

\"Setelah kita hitung, penyerapan lapangan kerja melalui program Samisake dengan anggaran Rp 13,6 miliar itu hingga saat ini baru mencapai 12 ribu tenaga kerja baru,\" ungkapnya.

Riduan menyimpulkan, seandainya program Samisake tersebut tidak terhambat oleh revisi perda yang pembahasannya cukup alot di DPRD Kota, maka ia optimis sejak tahun 2013 sampai 2017 target 50 ribu lapangan kerja akan tercapai, meskipun tidak ada lowongan CPNS selama 5 tahun.

\"Jadi, kalau misalnya rekomendasi BPK untuk merevisi itu bisa diselesaikan dengan cepat, maka sesuai dengan masa baktinya pasangan Helmi-Linda, insya Allah 50 ribu lapangan kerja yang sesuai target RPJMD bisa tercapai,\" pungkasnya. (805)  

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: