Latdastar untuk Pembentukan Karakter

Latdastar untuk Pembentukan Karakter

CURUP, Bengkulu Ekspress - Berbagai kegiatan bisa dilakukan pihak sekolah dalam pembentukan karakter siswanya. Salah satunya dengan kegiatan Latihan Dasar Disiplin Ketarunaan (Latdastar) yang dilaksanakan SMKN 3 Rejang Lebong.

\"Kegiatan ini sangat bermanfaat untuk pembentukan karakter siswa kita,\" terang Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Provinsi Bengkulu, Drs Ade Erlangga MSi usai pembukaan Latdastar SMKN 3 Rejang Lebong di Markas Batalyon Infateri 144/Jaya Yudha Selasa (25/7) kemarin.

Karena dengan adanya kegiatan tersebut, terlebih lagi bekerjasama dengan TNI, makan menurut Ade bisa membentuk karakter disiplin siswa. Kemudian dengan bekerjasama dengan polisi bisa mencegah penyalahgunaan Narkoba ditingkat pelajar, mencegah tauran serta pemberian pemahamam hukum kepada siswa.

\"Saya harap kegiatan seperti ini kedepannya bisa ditingkatkan,\" harap Ade. Dalam kesempatan tersebut, Ade juga menyampaikan ucapan terima kasihnya kepada Dandim 0409/ Rejang Lebong dan Danyon 144/Jaya Yudha yang telah memfasilitasi kegiatan Latdastar SMKN 3 Rejang Lebong. Ia berharap kerjasama antara SMKN 3 Rejang Lebong dengan Kodim 0409/Rejang Lebong dan Batalyon 144/Jaya Yudha terus terjalin.

Senada dengan yang disampaikan Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Provinsi Bengkulu, Kepala Lembaga Penjamin Mutu Pendidikan (LPMP) Bengkulu, Sa\'adah Ridwan MPd mengungkapkan bahwa kegiatan Latdastar merupakan salah satu dalam implentasi penguatan pendidikan karakter (PPK).

\"Kegiatan seperti ini sangat bagus, saya harap bisa menjadi contoh bagi sekolah lain baik yang ada di Rejang Lebong maupun didaerah lain di Provinsi Bengkulu,\" harap Sa\'adah. Selain dalam bidang ketarunaan, kegiatan yang bisa dilakukan dalam pembentukan karakter siswa yaitu bisa dalam bidang lingkungan, pertamanan, pertanian dan bidang lainnya. Sementara itu, Kepala SMKN 3 Rejang Lebong, Asep Suparman MPd mengungkapkan kegiatan Latdastar yang mereka laksanakan tersebut merupakan angkatan ke-IV.

\"Kegiatan ini memang rutin kita lakukan setiap tahun untuk siswa baru kita, dimana tahun ini jumlahnya sebanyak 143 orang,\" terang Asep. Kegiatan Latdastar tersebut akan mereka laksanakan hingga 8 September mendatang, kegiatan tersebut akan mereka lakukan disejumlah lokasi luar SMKN 3 Rejang Lebong. Selain itu, kegiatan Latdastar juga akna dilakukan untuk yang kedua kalinya yaitu dari tanggal 11 September hingga 20 Oktober mendatang yang akan dipusatkan di SMKN 3 Rejang Lebong.

\"Dalam kegiatan ini berbagai sumber akan kami hadirkan, seperti dari Damkar, PMI, Pramuka dan Kemenag Rejang Lebong,\" terang Asep.(251)  

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: