Jangan Takut Gagal, Takutlah Bila Tak Pernah Memulai

Jangan Takut Gagal, Takutlah Bila Tak Pernah Memulai

Wawancara dengan Ketua HIPMI Provinsi Bengkulu; Yuan Degama Menjadi Pengusaha bukanlah perkara mudah, selain harus berjiwa pejuang, seorang pengusaha juga harus berani mengambil risiko gagal berulang kali.

Rewa Yoke D - Kota Bengkulu ============

Yuan Degama, Ketua Himpunan Pengusaha Muda Indonesia (HIPMI) Bengkulu sudah tak asing dengan kegagalan. Ia bahkan memiliki moto; jangan takut gagal, takutlah bila tak pernah memulai.

Pengusaha sukses yang bahkan pernah mengililingi Amerika, Afrika, dan Eropa ini kini aktif di HIPMI Bengkulu yang saat ini tengah berupaya mencetak generasi pengusaha muda yang sukses di Bengkulu.

Pejuang pengusaha, Pengusaha Pejuang inilah motto Himpunan Pengusaha Muda Indonesia (HIPMI). HIPMI yang menjadi organisasi profesi tempat berkumpulnya para pengusaha muda dari seluruh sektor bisnis ini, memiliki rencana yang besar untuk dapat merekrut, melatih dan menjadikan anak muda agar berjiwa pengusaha dan menjadi pebisnis yang sukses.

Ketua HIPMI Bengkulu Yuan Degama mengatakan, ada dua jenis pengusaha, yakni Pengusaha turunan dalam arti mewarisi usaha keluarga serta ada yang menjadi pengusaha by desain.

\"Pengusaha by desain ini ditempa, dididik, dibina serta diciptakan komunitasnya. Diberikan pelatihan baik sehingga menjadi pengusaha yang sukses,\" ujar Yuan yang juga pernah menajbat menjadi ketua KONI provinsi Bengkulu ini.

Yuan menjelaskan, HIPMI menjadi wadah untuk membuat para pengusaha menjadi semakin berkembang bahkan sukses. Membina pengusaha kecil menjadi menengah dan pengusaha skala menengah bisa menjadi skala besar dengan saling bersinergi.

\"Anggota HIPMI ini ditempa menjadi pengusaha matang kuat dan tangguh dan tak pernah takut gagal,\" jelas Yuan.

Bagi Pria kelahiran Sibolga 10 November 1979 ini, Kegagalan harusnya sudah jadi sahabat terbaik tiap pengusaha sukses. Tak ada pengusaha yang sukses tanpa pernah mengalami kegagalan. Gagal itu kesuksesan yang tertunda. \"Gagal itu sahabat baik saya. Jadi namanya gagal itu adalah bagian dari kesuksesan yang tertunda. Jangan takut gagal bagi siappaun yang berniat untuk menjadi pengusaha\" kata pria yang akrab disapa Ucok ini.

Pasca terpilih menjadi ketua HIPMI secara aklamasi pada 19 Juli 2017 lalu, Yuan bertekad akan mencetak lebih banyak pengusaha muda melalui HIPMI di Bengkulu. Dijelaskan Yuan, HIPMI saat ini bahkan telah menyentuh Perguruan Tinggi, sehingga diharapkan akan mampu merekrut banyak calon pengusaha muda di Bengkulu.

\"Melalui HIPMI, saya bertekad untuk mencetak lebih banyak generasi penerus bangsa yang berjiwa pengusaha dan menempa mereka hingga menjadi sukses,\" terangnya.

Yuan menambahkan, HIPMI kini telah bekerjasama dengan berbagai pihak untuk memberikan pelatihan terbaik bagi semua anggotanya agar mampu memulai usaha dan mengembangkan usaha yang telah dimilikinya menjadi lebih besar.

\"Untuk anak muda calon pengusaha kami menyiapkan pelatihan khusus seperti pelatihan manajemen dan pemasaran usaha dengan bekerjasama dengan berbagai pihak seperti stakeholder terkait, bahkan Perbankan, OJK dan Bank Indonesia,\" tambah Yuan.

Dijelaskan Yuan, nantinya di setiap perguruan tinggi akan dibentuk UKM Kewirausahaan. Dengan begitu semakin banyak mahasiswa yang potensial untuk menjadi pengusaha. Ia berencana menjadikan organisasi profesi ini menjadi tempat ataupun wadah berkumpul bagi para pengusaha muda yang siap berbisnis ataupun yang sudah memiliki bisnis.

\"Organisasi HIPMI ini menjebatani pengusaha dengan pemerintah dalam rangka pembangunan provinsi Bengkulu karena akan lebih mudah menarik investor atau partner pengusaha muda Bengkulu. Langka awal yaitu menginventarisir dan merekrut pengusaha muda Bengkulu baik dari perguruan tinggi hingga ke masyarakat biasa,\" jelas Yuan

Namun Yuan mengakui, HIPMI memiliki tantangan tersendiri dimana masih kurangnya sektor usaha baru di Bengkulu dan ditambah lagi beratnya tantangan untuk mencetak pengusaha baru di tengah kondisi perekonomian yang cenderung Stagnan. \"Sesungguhnya banyak sektor yang bisa digarap di Bengkulu mulai dari sektor kelautan dan ekonomi kreatif, hanya saja pelaksanaannya tidak semudah itu,\" tuturnya.

Yuan menjelaskan, tantangan terberatnya yaitu masih lemahnya sumber daya manusia di Bengkulu. Sehingga untuk mengatasi permasalahan tersebut dibutuhkan pelatihan dan pengajaran agar benar-benar mampu mengelolah seluruh potensi di Bengkulu. \"Sehingga HIPMI menjadi wadah untuk dapat saling berbagi informasi dan pengetahuan sehingga jangan cuma jadi pekerja biasa tetapi jadilah pengusaha sukses,\" jelas Yuan.

Pengusaha sukses pemilik Biru komputer, Hotel Splash dan Madeline ini, mengajak semua pemuda di Provinsi Bengkulu untuk merubah pola pikir dari menjadi pekerja menjadi pengusaha. Diakuinya bila ingin sukses harus memiliki motivasi yang kuat, berani mengambil risiko dan harus mampu bersosialisasi serta mengikuti pelatihan keterampilan.

\"Jangan hanya bermental pekerja dan jangan takut bermimpi menjadi pengusaha tetapi segeralah wujudkan mimpi tersebut,\" ujar Yuan.

Ia juga mengharapkan pemerintah untuk mendukung lahirnya para pengusaha baru untuk kemajuan Bengkulu dengan mempermudah perijinan, pajak dan permodalan dan yang terpenting adalah jaringan antar pengusaha.

\"Pemerintah harus mendukung dan mempermudah investor untuk memulai usaha,\" harap Yuan.

Yuan mengatakan HIPMI siap mendukung dan membantu para calon pengusaha untuk sukses dengan memberikan pelatihan, seminar cerita pengusaha sukses bahkan membantu mencarikan jaringan komunikasi antar pengusaha untuk investasi bisnis dengan membuka Bursa franchise dan beberapa pameran event. Dukungan tersebut diharpkan mampu melahirkan banyak pengusaha baru di Bengkulu. \"Jangan takut jadi pengusaha, jangan takut ambil risiko, jangan takut gagal, takutlah kalau dalam hidup kita tidak pernah melakukan apa-apa. Jangan sia-siakan masa muda, ayo jadi pengusaha dan berkontribusilah untuk daerah dan negaramu,\" tutupnya.(**) Profile Lahir : Sibolga, 10 November 1979 Istri : Putri Pratiwi Anak : Dealova, Keiko dan Louis Pendidikan : SD Negeri 9 Sibolga SMP Tawalib Padang Panjang SMA Negeri 1 Matauli Pandan Tapanuli Tengah Fakultas Ekonomi UNIB Organisasi : Ketua KONI Provinsi Bengkulu Wakil Ketua DPD HIPMI Provinsi Bengkulu Pengurus DPD Kadin Provinsi Bengkulu Anggota DPD Apkomindo Provinsi Bengkulu Wakil Ketua Persatuan Binaraga Angkat Besi Provinsi Bengkulu Bendahara Perbakin Bengkulu Wakil ketua FORMI Bengkulu  

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: