Pemeriksaan IVA Gratis di 9 Puskesmas Dalam Rangka HUT BPJS Kesehatan ke-49

Pemeriksaan IVA Gratis di 9 Puskesmas Dalam Rangka HUT BPJS Kesehatan ke-49

CURUP, Bengkulu Ekspress - BPJS Kesehatan Cabang Curup kembali menunjukkan kepeduliannya kepada kaum wanita yang ada di Kabupaten Rejang Lebong. Salah satunya dengan menggelar kegiatan pemeriksaan IVA gratis di 9 Puskesmas yang ada di Kabupaten Rejang Lebong.

Menurut Kepala BPJS Kesehatan Cabang Curup, Syafrudin Imam Negara, 9 Puskesmas yang akan menjadi lokasi pemeriksaan IVA gratis tersebut adalah Puskesmas Curup, Puskesmas Tunas Harapan, Puskesmas Sambirejo, Puskemas Simpang Nangka, Puskesmas Watas Marga, Puskesmas Kampung Delima, Puskesmas Prumnas, Puskesmas Talang Rimbo Lama dan Puskesmas Bermani Ulu.

\"Pemeriksaan IVA gratis ini akan kita laksanakan mulai besok (hari ini) hingga 31 Juli mendatang,\" ungkap Syafrudin saat kegiatan seminar tentang deteksi dini kanker serviks di ruang Pola Pemkab Rejang Lebong, Kamis (13/7) kemarin.

Oleh karena itu, Syafrudin bagi masyarakat Rejang Lebong yang ingin melakukan pemeriksaan IVA gratis untuk mendatangi 9 Puskesmas tersebut. Untuk syaratnya sendiri, menurut Syafrudin adalah peserta JKN-KIS dari BPJS Kesehatan yang ditunjukkan dengan bukti kartu JKN-KIS yang masih aktif. Kemudian sudah pernah melakukan hubungan seksual, tidak sedang dalam kondisi haid, tidak sedang hamil dan tidak melakukan hubungan seksual dalam 2 hari sebelum melakukan pemeriksaan.

Lebih lanjut Syafrudin menjelaskan, dalam kegiatan seminar dan pemeriksaan IVA gratis tersebut, BPJS Kesehatan juga bekerjasama dengan Pemerintah Kabupaten Rejang Lebong dalam hal ini Dinas Kesehatan Kabupaten Rejang Lebong dan Tim Penggerak PKK Kabupaten Rejang Lebong.

Sementara itu, Ketua TP PKK Kabupaten Rejang Lebong, Fitri Hertikasari Hijazi SE dalam sambutannya menyambut baik apa yang dilakukan oleh BPJS Kesehatan Kabupaten Rejang Lebong tersebut. Dalam kesempatan tersebut, bunda sapaan akrab ketua TP PKK Kabupaten Rejang Lebong, berharap kegiatan seminar kemarin bukan hanya kegiatan seminar saja, namun ada tindak lanjut kedepannya.

\"Setelah ada kegiatan seminar hari ini (kemarin) kami berharap kedepannya ada tindak lanjut, seperti bagaimana cara pencegahannya, atau antisipasi jangan sampai terkena atau bagi yang sudah terkena jangan sampai parah atau bahkan menyebabkan kematian,\" harap bunda.

Kegiatan Seminar kemarin, selain melibatkan ibu-ibu PKK Kabupaten Rejang Lebong juga melibatkan Ikatan Bidan Indonesia Kabupaten Rejang Lebong. (251)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: