Menag Akan Resmikan Asrama Haji

Menag Akan Resmikan Asrama Haji

\"Bengkulu\"26 Juli ke Bengkulu

BENGKULU, Bengkulu Ekspress - Menteri Agama RI, Lukman Hakim Saifuddin akan berkunjung ke Provinsi Bengkulu pada 26 Juli mendatang. Kedatangannya selain melihat persiapan pemberangkatan haji, juga akan meresmikan gedung Asrama Embarkasi Haji Antara yang baru, dan memberikan pembinaan terhadap para Aparatur Sipil Negara (ASN) jajaran Kanwil Kemenag Bengkulu.

Kepala kanwil Kemenag Bengkulu, Drs H Bustasar MS MPd didampingi Kasubag Humas, Rully Gunawan MPdi menuturkan, secara administrasi persiapan pemberangkatan CJH Bengkulu ke tanah suci sudah 100 persen. Data terakhir ada empat jamaah yang mutasi, dan hal itu sudah disampaikan pada daerah yang dituju.

Menurut jadwal pemberangkatan CJH akan dilaksanakan pada 30 Juli 2017 ini, pada dinihari.

Untuk itu, para CJH diminta untuk menjaga fisik hingga proses pemberangkatan ke tanah suci.

Disinggung rencana launching Asrama Haji, Bustasar menegaskan seluruh petugas haji dan umroh telah mempersiapkan sebaik mungkin peremian, sejumlah personel saat ini mulai berangsur pindah ke Asrama haji sekaligus rencana persiapan ruangan penyambutan CJH nantinya.

Seperti diketahui, Asrama Haji Bengkulu yang baru selesai dibangun adalah proyek yang dibiayai APBN dengan mekanisme Surat Berharga Syariah Negara tahun anggran 2016. Bengkulu merupakan salah satu provinsi yang memperoleh proyek revitalisasi Asrama Haji dari pemerintah pusat bersama dengan 7 provinsi lainnya.

Total anggarannya yang dikucurkan sekitar Rp 53 miliar, dibangun dengan konsep setara dengan hotel bintang 3. Bangunannya terdiri dari 4 lantai, dan memiliki 90 kamar. Rinciannya, 84 kamar type standar, 4 kamar type superior,dan 2 kamar presiden suite.

Asrama Haji Bengkulu hanya berjarak 500 meter dari Bandara Fatmawati Bengkulu itu memiliki daya tampung jamaah haji sekitar 270 orang untuk tempat tidur normal, sedangkan jika ditambah extra bed pada masing-masing kamar bisa menampung 4 orang dalam satu kamar, sehingga mampu digunakan untuk menginap jamaah satu kloter (450 jamaah). Secara keseluruhan, Asrama Haji Bengkulu mampu menampung 1.641 jemaah dan 20 petugas kloter yang tergabung di dalam beberapa kloter. (247)  

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: