Banyak Sekolah Kekurangan Siswa Baru PPDB Diperpanjang dan Bebas Zonasi

Banyak Sekolah Kekurangan Siswa Baru PPDB Diperpanjang dan Bebas Zonasi

KOTA MANNA, Bengkulu Ekspress – Setelah penerimaan peserta didik baru (PPDB) berakhir, ternyata masih banyak sekolah yang kekurangan siswa baru. Sebab itu Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Disdikbud) Bengkulu Selatan (BS), Novianto SSos MSi mengaku pihaknya telah memperpanjang proses PPDB tersebut.

“PPDB kami perpanjang karena setelah PPDB berakhir, banyak sekolah yang kekurangan siswa baru,\" ujar Novianto. Pada masa perpanjangan PPDB ini, pihak Disdikbud tidak lagi menerapkan sistem zonasi. Sehingga siswa dari luar zonasi sudah bisa mendaftar ke sekolah yang kekurangan siswa baru. Adapun bagi sekolah yang sudah cukup siswanya sesuai dengan jumlah ruang kelas belajar, ia melarang menambah ruang kelas baru.

\"Perpanjangan PPDB ini khusus sekolah yang kekurangan siswa baru, bagi sekolah yang sudah penuh kouta tidak boleh menambah ruang kelas baru lagi,” tegasnya. Ditambahkan Novianto, untuk PPDB SMP sederajat, dirinya tidak membatasi masa perpanjangan waktu. Jika masih ada siswa yang mau mendaftar, maka sekolah tersebut wajib menerimanya.

\"PPDB SMP tidak kami batasi waktunya, jika masih ada siswa yang mendaftar, silakan sekolah tersebut menerimanya,” terangnya. Tarman Hayadi MPd selaku panitia PPDB SMA sederajat di BS menambahkan, PPDB SMA sederajat di BS diperpanjang hingga hari ini, 12 Juli. Masa perpanjangan ini, hanya terkhusus sekolah yang kekurangan siswa baru. Pria yang juga Kepala SMAN 2 BS ini berharap, dengan adanya perpanjangan waktu PPDB SMA sederajat ini, tidak ada lagi sekolah yang kekurangan siswa baru. “Dalam perpanjangan waktu PPDB ini bebas zonasi, semoga tidak ada lagi sekolah yang kekurangan siswa baru lagi,” harap Tarman.(369)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: