Agrominapolitan Padang Jaya Harus Sukses

Agrominapolitan Padang Jaya Harus Sukses

ARGA MAKMUR, Bengkulu Ekspress- Tahun 2017 ini, 3 desa yakni Marga Sakti, Tambak Rejo dan Tanjung Harapan di Kecamatan Padang Jaya, Bengkulu Utara mendapatkan program Agrominapolitan dari Kementerian Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi. Untuk itu, Badan Usaha Milik Bersama Desa (Bumbades) dapat terbetuk guna mengelola kegiatan tersebut.

‘’Kabupaten Bengkulu Utara menjadi satu-satunya di Provinsi Bengkulu yang mendapatkan program Agrominapolitan ini. Makanya kita harapkan melalui Bumbades tergabung dari 3 desa itu dapat mengelolanya,’’ ujar Kepala Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda) Bengkulu Utara, Sahat M Situmorang AP MM. Ia menambahkan, kegiatan yang akan dilakukan dalam Agrominapolitan ini yakni budidaya ikan. Tak hanya membudidayakan, namun diharapkan dapat mengeluarkan produk olahan sehingga mempunyai harga jual yang lebih.

‘’Nanti ikan ini tidak hanya sebatas dibudayakan saja. Tapi ada produk olahan seperti ikan presto, keripik atau bentuk lainnya,’’ ungkapnya. Tak hanya itu, melalui kegiatan ini harus dapat menumbuhkan ekonomi baru dikawasan tersebut. Sehingga peningkatan kesejahteraan dapat dirasakan masyarakat. Maka dari itu, peran Bumbades sangatlah penting.

‘’Targetnya tercipta pertumbuhan kawasan ekonomi baru. Jadi kegiatan ini harus dapat dikelola dengan maksimal,’’ terangnya. Disamping itu, ia menyampaikan program ini harus mendapat dukungan oleh seluruh Organisasi Perangkat Daerah (OPD) yang bersentuhan langsung agar sarana dan prasarana yang tidak dapat dipenuhi Bumbades, maka dapat dibantu melalui OPT terkait.

‘’Jadi setiap OPD harus punya membantu kegiatan ini. Misalnya kelengkapan alat perikanan dari Dinas Perikanan. Perbaikan jalan dari Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang. Sehingga kegiatan Agrominapolitan dapat berjalan sesuai harapan,’’ tuturnya. Sebelumnya, dalam menyampaikan materi Pendamping Manajemen Desa Kabupaten Bengkulu Utara, Thomas Alpa Edison SSos menerangkan berbagai kegiatan yang harus mendapatkan support dari Pemerintah Daerah (Pemda) Bengkulu Utara. Tak hanya itu, kesiriusan 3 desa menjadi titik awal tercapainya keberhasilan kegiatan tersebut.

‘’Kalau desa-nya tidak mendukung, bagaimana ini akan sukses. Jadi dengan keseriusan desa, pemda dan OPD, maka kita harapkan kegiatan Argominapolitan dapat membawa peningkatan bagi ekonomi masyarakat diwilayah itu,’’ pungkasnya. Dalam sosialisasi ini, turut hadir Camat Padang Jaya beserta Kepala Desa yang terlibat. Tak hanya itu, perwakilan OPD yang hadir diminta mendukung penuh kesuksesan Agrominapolitan tersebut.(816)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: