Periksa Setiap Kendaraan dengan Metal Detector dan Anjing Pelacak

Periksa Setiap Kendaraan dengan Metal Detector dan Anjing Pelacak

Polda Bengkulu Waspada Teroris

Meningkatnya serangan teroris terhadap anggota Polri beberapa minggu terkakhir, seperti di Sumatera Utara dan DKI Jakarta, membuat jajaran Polda Bengkulu turut waspada. Salah satunya dengan meningkatkan keamanan di Mapolda Bengkulu.

Erick Voniker, Kota Bengkulu

Seperti kemarin (4/7), bebarapa orang personel Brimob disiagakan menjaga pintu gerbang Mapolda Bengkulu. Dengan mengenakan rompi anti peluru dan helm baja, anggota polisi ini ada yang menyandang senjata api, memegang metal detector, dan ada juga membawa anjing pelacak.

Semua kendaraan yang masuk terutama kendaraan roda empat atau mobil, dilakukan pemeriksaan menggunakan anjing pelacak. Termasuk mobil Wakapolda Bengkulu Kombes Pol H Agus Kurniady Sutisna MM MH yang akan masuk ke Mapolda, tidak luput dari pemeriksaan.

Kapolda Bengkulu Brigjend Pol Drs Coki Manurung SH MHum melalui Karo Ops Kombes Pol Drs Bambang Sumino, mengatakan, peningkatan keamanan di Mapolda Bengkulu ditingkatkan. Hal ini dilakukan hanya untuk berjaga-jaga dan mengantisipasi hal-hal yang tidak diinginkan.

\"Untuk itu teman-teman dari Brimob, kendaraan metal detector dan satwa kita siapkan untuk menjaga keamanan,\" ujar Karo Ops, kemarin (4/7).

Disiapkannya anjing pelacak untuk ikut serta dalam pengamanan ini, untuk bisa memaksimalkan penjagaan. Kemungkinan tidak bisa dijangkau oleh alat ataupun anggota kepolisian, namun bisa diketahui oleh anjing pelacak dengan berbagai keahlian seperti keahlian mengendus narkotika, mencari jejak orang serta yang lainnya. \"Untuk itulah kita ikutkan juga anjing pelacak,\" jelas Karo Ops.

Ditambahkannya, akhir-akhir ini di berbagai tempat memang ada gangguan terhadap anggota Polri dimana banyak yang mengatakan bahwa gangguan dari teroris, walaupun itu bukan teroris. Untuk itulah backup dari anggota Brimob yang mempunyai kemampuan mengantisipasi kejahatan yang intensitas tinggi. \"Sehingga yang menjaga bukan hanya dari anggota Sabhara saja,\" ucapnya.

Ditegaskan Karo Ops, penjagaan ini bukan menunjukan adanya rasa takut dari anggota kepolisian karena anggota kepolisian memiliki kemampuan bela diri sehingga mampu untuk penanganannya. Akan tetapi, dimanapun mungkin ada kejadian sehingga dari anggota Brimob mem backup, karena Brimob dipersiapkan untuk dihadapkan dengan kejahatan-kejahatan dengan intensitas yang tinggi. \"Mereka selalu siap menjaga keamanan di Bengkulu,\" ucapnya.

Semenatara itu, salah seorang anggota Brimob yang menjaga Mapolda Bengkulu yaitu Aiptu Okuli Ompusunggu, mengatakan, disiagakannya ia bersama anggota lain di Mapolda ini hanya bertujuan untuk meningkatkan kewaspadaan terhadap semua ancaman. \"Seperti di Mapolda ini, kita memeriksa semua pengunjung di Mapolda,\" ujarnya.(614)  

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: