Disperindag Pastikan Stok Daging Cukup

Disperindag Pastikan Stok Daging Cukup

BENGKULU, Bengkulu Ekspress - Mengantisipasi kelangkaan daging pada hari raya Idul Fitri mendatang, Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Disperindag) Kota Bengkulu melakukan peninjauan ke beberapa pasar dan Rumah Potong Hewan (RPH), kemarin (7/6).

Dalam peninjauan ini, Disperindag memastikan pasokan daging sapi aman dan harga masih stabil.

\"Kita melakukan pendataan untuk melihat kebutuhan daging sapi pada saat lebaran nanti, dan alhamdulillah sekarang masih stabil,\" kata Kabid Bina Usaha Perdagangan Disperindag Kota Bengkulu, Rahmansyah SH.

Menurutnya, saat ini pemotongan sapi rata-rata mencapai 18 ekor perhari, tentu jumlah ini akan meningkat ketika mendekati hari lebaran.

Berdasarkan dari data Dinas Peternakan dan Kesehatan Hewan Provinsi bahwa kebutuhan masyarakat terhadap daging pada hari lebaran nanti bisa mencapai 30-40 ekor sapi perhari, dan jumlah itu cukup.

\"Jadi, itu cukup, belum lagi ditambah dengan stok daging beku dari Bulog. Kalau untuk harganya saat ini berkisar Rp 120 - Rp 130 ribu per kilo,\" terangnya.

Selain itu, pihaknya juga sudah memperingati para pelaku usaha peternakan sapi untuk tidak menaikkan harga terlebih lagi menjelang lebaran, karena kenaikan harga tersebut akan sulit untuk dijangkau masyarakat.

\"Kita meminta juga kepada mereka agar menahan harga itu tidak naik lagi, agar terjangkau oleh masyarakat, dan kebutuhan daging ini bisa dirasakan oleh semua masyarakat dengan harga yang stabil,\" pungkasnya. (805)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: