Kapal Kontainer Leluasa Masuk Pelabuhan

Kapal Kontainer Leluasa Masuk Pelabuhan

Realiasi Program Gubernur Agro Maritim

BENGKULU, Bengkulu Ekspress - Kapal kontainer KM Meratus dari PT Meratus Line dengan bobot 9.979 ton mulai bersandar perdana di Pelabuhan Pulau Baai Bengkulu. Kepal dengan panjang 149 meter itu siap mengangkut 600 bok barang curah maupun kering dari Pelabuhan Pulau Baai ke pelabuhan yang ada di Jakarta.

\"Bengkulu yang sudah mulai berkembang. Dengan adanya kapal ini tentu akan memudahkan masyarakat menggunakan jasa angkutan laut,\" kata Kapten KM Meratus, Zamzami kepada BE di Pelabuhan Pulau Baai, kemarin (14/50).

Dikatakannya, dalam angkutan perdananya di Bengkulu tersebut hanya mengangkut barang curah jenis semen dari Kota Padang ke Bengkulu. Setelah itu, KM Meratus akan melanjutkan pelayarannya ke Jakarta.

\"Setelah ke Jakarta nanti akan kembali lagi ke Padang dan Bengkulu,\" tambahnya.

Kapten KM Meratus ini mengakui, bisa masuknya kapal dengan bobot lebih dari 9 ribu ton itu lantaran alur Pelabuhan Pulau Baai telah berada di kedalaman 10 LWS. Namun jika nantinya ada pendangkalan alur kurang dari 10 LWS, maka kapal kontainer tidak akan bisa lagi bersandar ke tersebut.

\"Minimal 10 meter kapal kita bisa masuk. Kalau kurang, jelas akan kandas. Kita minta alurnya tetap terjaga,\" tutur Zamzami.

Selain alur, Zamzami juga meminta pelabuhan kembali diperbesar. Sehingga nantinya kapal-kapal kontainer besar lainnya dapat bersadar di Pelabuhan Pulau Baai Bengkulu.

\"Kita minta bisa 3 atau 2 kapal lagi untuk kapal kontainer. Jadi ekonomi Bengkulu akan lebih tumbuh lagi,\" ujarnya.

Sementara itu, General Manager (GM) Pelindo II Bengkulu, Drajat Sulistyo mengatakan kapal kontainer ini akan terus rutin melayani angkutan dari Jakarta, Padang dan Bengkulu.

\"Ini baru pertama kalai kapal kontainer bersadar, pasca pengerukan alur,\" terang Drajat.

Drajat menegaskan, tidak hanya satu kapal kontainer ini saja yang akan bersadar di Pelabuhan Pulau Baai Bengkulu, namun masih ada tiga lagi kapal kontainer.

\"Bulan ini, untuk kapal kontainer barang sembako juga akan datang ke Bengkulu,\" bebernya.

Dengan adanya kapal kontainer tersebut, lanjut Drajat, disamping akan menghemat jasa angkutan, barang yang diangkut juga akan lebih aman dan cepat sampai di Bengkulu.

\"Ini salah satu realisasi program gubernur tentang Agro Maritim. Ke depan akan kita bangun terminal-terminal lain untuk memudahkan masyarakat Bengkulu mendapatkan informasi pelayanan penggunaan jasa angkutan via laut,\" pungkas Drajat. (151)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: