BI Siapkan Rp 1,85 Triliun, Sambut Ramadhan dan Idul Fitri

BI Siapkan Rp 1,85 Triliun, Sambut Ramadhan dan Idul Fitri

BENGKULU, BE - Kantor Perwakilan Bank Indonesia (BI) Provinsi Bengkulu sudah menyiapkan uang tunai sebesar Rp 1,85 triliun, untuk kebutuhan selama ramadhan dan lebaran 2017. Hal ini dilakukan agar peredaran jumlah uang di bulan ramadhan tetap stabil dan berjalan lancar.

Menurut Kepala Perwakilan Bank Indonesia (BI) Provinsi Bengkulu Endang Kurnia Saputra jumlah tersebut lebih besar dari proyeksi kebutuhan yang ada. \"Perkiraan permintaan masyarakat di Provinsi Bengkulu terhadap uang tunai selama ramadhan dan lebaran sekitar Rp 1.85 triliun,\" ujar Endang kemarin (8/5).

Dijelaskannya, setiap kali momen ramadhan dan lebaran, terjadi peningkatan transaksi ekonomi yang meningkat signifikan. Hal tersebutlah yang mendasari pihaknya menyiapkan uang tunai yang cukup banyak sesuai dengan proyeksi kebutuhan. \"Memang biasanya selama ramadhan dan menjelang ramadhan transaksi ekonomi meningkat dan berpengaruh pada perputaran uang,\" jelasnya.

Sementara itu, terkait dengan tradisi masyarakat untuk menukar uang dalam pecahan kecil baru, ia mengatakan selain BI, bank umum juga melayani penukaran. \"Kami menjalin kerja sama dengan bank umum untuk melayani penukaran uang bukan hanya nasabah, tetapi juga non nasabah. Jadi semua bank juga bisa menerima penukaran uang,\" tambahnya.

Dikatakannya, Hal tersebut dilakukan untuk mengantisipasi kemungkinan antrian panjang oleh masyarakat yang ingin menukarkan uangnya seperti yang terjadi pada tahun-tahun sebelumnya.

\"Menghindari antrian para penukar uang maka kami bekerjasama dengan bank umum untuk penukaran uang tersebut,\" tuturnya.

Diungkapkannya, menjelang ramadhan ini pihak BI melayani penukaran uang yakni 75 persen uang baru dan 25 persen uang emisi lama. \"Nanti penukaran bisa dilakukan untuk mendapatkan uang rupiah emisi baru, hal ini juga sebagai jalan untuk mengumpulkan uang emisi lama secara bertahap dari masyarakat,\" ungkapnya.

Terakhir ia mengharapkan selama ramadhan dan hari raya idul fitri mendatang, transaksi ekonomi di Bengkulu khususnya tetap berjalan dengan lancar dan semakin meningkat. \"Kami harap transaksi ekonomi semakin meningkat dan tetap lancar seperti di bulan-bulan sebelumnya,\" tutupnya.(999)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: