Dukcapil Turun ke Desa Tuntaskan Rekam Data e-KTP

Dukcapil Turun ke Desa Tuntaskan Rekam Data e-KTP

KOTA MANNA, Bengkulu Ekspress – Mengingat hingga saat ini belum semua warga Bengkulu Selatan (BS) merekam data untuk kartu tanda penduduk elektronik (e-KTP), Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Dukcapil) BS turun hingga ke desa-desa untuk melakukan perekaman data e-KTP.

\"Agar semua warga Bengkulu Selatan memiliki e-KTP, kami akan lakukan perekaman keliling dari desa ke desa,” kata Kepala Dinas Dukcapil Bengkulu Selatan, Gunawan Suryadi SSos MSi, belum lama ini.

Dikatakan Gunawan, dari sekitar 114 ribu warga Bengkulu Selatan wajib  KTP, baru sekitar 100 ribu yang sudah memiliki e-KTP atau sekitar 90 persen.

Sebab itu, rencananya mulai Senin (8/5/2017), pihaknya akan mendatangi desa-desa di Kecamatan Kedurang dan Kedurang Ilir.

Dipilihnya dua kecamatan itu, kata Gunawan,  lantaran alat perekaman  data e-KTP di Kecamatan Kedurang dan Kedurang Ilir mengalami kerusakan. “Untuk tahap awal kami akan turun ke Kedurang dan Kedurang Ilir, sebab di kedua kecamatan itu alat rekam data e-KTP rusak,” ujarnya.

Dijelaskan Gunawan, langkah yang dilakukan ini merupakan  upaya agar warga yang berada di pedesaan yang belum sempat merekam data dapat segera merekam data. Sebab itu, ia berharap warga yang ada di desa – desa yang kami datangi yang belum melakukan perekaman data, agar bisa aktif mendatangi petugas kami saat datang ke desa.

“Kegiatan rekam data e-KTP keliling ini akan rutin kami gelar sehingga diharapkan ke depan semua warga BS tidak ada lagi yang belum melakukan perekaman data e-KTP,” imbuh Gunawan. Gunawan menambahkan, petugasnya tidak hanya melayani perekaman data e-KTP, namun juga melayani pembuatan akta kelahiran dan dokumen kependudukan lainnya. Upaya yang dilakukan dengan jemput bola ke desa-desa ini bisa sukses.

“Mudah-mudahan dengan upaya jemput bola ini semua warga Bengkulu Selatan bisa memiliki dokumen kependudukan, sebab kami tidak hanya melayani perekaman data e-KTP, namun juga bisa dokumen kependudukan lainnya,” demikian Gunawan. (369)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: