YKB Talkshow Positive Parenting

YKB Talkshow Positive Parenting

ARGA MAKMUR, Bengkulu Ekspress - Pengurus Yayasan Kemala Bhayangkari (YKB) Daerah Kabupaten Bengkulu Utara (BU) menggelar talkshow tentang positive parenting di Mapolres Bengkulu Utara, kemarin (17/3).

Kegiatan ini dalam rangka menyambut Hari Ulang Tahun (HUT) YKB ke-37 tahun 2017 ini.

Acara ini dihadiri oleh psikolog Ajeng Raviando yang memberikan materi terkait positive parenting kepada para peserta talkshow.

Ajeng menjelaskan, positive parenting merupakan pola asuh yang menyenangkan bagi orangtua dan anak.

\"Positive parenting itu bagaimana orangtua bisa mendengar suara anaknya. Polanya ini sama-sama menyenangkan. Intinya ada komunikasi dua arah yang efektif antara orangtua dan anaknya,\" tuturnya.

Lebih lanjut ia menjelaskan, konsep positive parenting adalah mengedepankan rasa kasih sayang terhadap anak dan bukan kekerasan.

\"Dengan konsep positive parenting ini, orangtua bisa menjadi teman bercerita bagi anak terkait semua permasalahan dan kejadian yang dihadapinya,\" sambungnya. Menurut Ajeng, salah satu manfaat menerapkan positive parenting adalah bisa mengembangkan potensi yang dimiliki anak karena sang anak bisa mengutarakan keinginannya dengan bebas kepada orangtuanya.

\"Setiap anak memiliki potensi dan minat yang berbeda-beda. Dengan mengetahui potensi anak, orangtua bisa memberikan dukungan penuh,\" ujarnya.

Dalam pola asuh positif ini, orangtua juga perlu memberikan penghargaan atas pencapaian anak. Tak hanya pencapaian dari nilai akademis, tetapi juga bisa dari perilaku baik anak.

\"Orangtua juga diajarkan untuk memberikan penghargaan disaat anaknya melakukan hal baik dan mencapai prestasi tertentu sehingga anak merasa usahanya benar-benar dihargai,\" lanjutnya. Namun, imbuh Ajeng, positive parenting tetap menerapkan kedisiplinan dan mengajarkan anak mengenai konsekuensi yang dihadapi. Untuk itu, orangtua harus tahu tahap tumbuh kembang anak dan mengenal karakter anak.

\"Tetap ada sisi penegakan disiplin dalam pola asuh positive parenting ini guna mengontrol anak agar tetap berbuat sesuai aturan dan tidak berbuat sesuatu hal yang buruk, namun tetap dengan cara yang baik tanpa kekerasan,\" tandasnya.

Ikut hadir dalam kegiatan tersebut Ketua Pengurus YKB Daerah Kabupaten Bengkulu Utara, Beby Andhika Vishnu dan Kapolres Bengkulu Utara AKBP Andhika Vishnu SIk selaku Penasihat YKB Daerah  Bengkulu Utara, Wakil Ketua dan seluruh pengurus YKB Daerah Bengkulu Utara, Wakil Ketua dan Pengurus Daerah Bhayangkari Bengkulu Utara, serta tamu undangan dari organisasi wanita.(cw2)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: