Banyak Mobnas Tak Terawat

Banyak Mobnas Tak Terawat

TAIS, Bengkulu Ekspress - Kendaraan dinas, terutama mobil dinas (mobnas) milik Pemerintah Kabupaten Seluma banyak tidak terawat. Hal ini dapat dilihat di belakang gedung BPBD Seluma, gedung daerah serta halaman parkir Pemda Seluma. Bahkan kendaraan dinas tersebut sudah menjadi besi tua.

“Kendaraan yang ada di situ memang sudah tidak terawat lebih dari 3 tahun. Namun kendaraan di organisasi perangkat daerah (OPD) sudah menjadi tangung jawab di OPD dan pengguna,” tegas Kepala Bagian (Kabag) Umum dan Perlengkapan Sekretariat Pemda Seluma Arian Sosial SE MM kepada BE kemarin (3/3).

Arian tidak membantah, ada beberapa mobnas yang dipergunakan OPD tidak terawat sehingga mengalami kerusakan dan bisa dipergunakan lagi. Kendaraan dinas yang sudah memiliki kartu inventaris (KIV) harus menjadi tangung jawab dari masing-masing OPD. Untuk itu, dia mengharapkan agar aset milik pemda seluma tersebut bisa di pergunakan dengan maksimal. Termasuk dilakukan perawatan secara intensif. Menurutnya kendaraan dinas yang ada saat ini, kebanyakan OPD hanya bisa menggunakan saja. Kesadaran untuk merawat sangatlah kurang sehingga wajar saja kendaraan dinas tersebut rusak. Ditambah lagi dengan enggan melakukan perbaikan.

“Dari kendaraan dinas yanga da dapat dilihat kondisinya sudah rusak. Hal tersebut merupakan bentuk tidak bisa merawatnya. Ditambah lagi kerusakan tersebut tidak dilakukan perbaikan,”keluhnya.

Pemerintah Kabupaten Seluma sudah mengalokasikan anggaran untuk perbaikan dan perawatan pada kendaraan dinas tersebut. Bukan itu saja, anggaran pembayaran pajak juga sudah tersedia di OPD masing-masing. Sehingga tetap bisa dipergunakan secara maksimal untuk pembayaran pajak.

“Anggaran sudah ada baik itu perbaikan, perawatan dan pembayaran pajak juga sudah tersedia. Diharapkan anggran yang ada bisa digunakan,” harapnya. Arian tidak bisa menjelaskan secara rinci mobnas milik pemda Seluma yang tidak bisa dipergunakan lagi. Sejauh ini, belum mengetahui secara jelas. Mengingat hal tersebut domainnya dari bagian aset. Bagian umum dan perlengkapan hanya mengakomodor kendaraan dinas sekretariat Pemda Seluma semata. (333)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: