Laporan Bisa Lewat SMS dan Email

Laporan Bisa Lewat SMS dan Email

KEPAHIANG, Bengkulu Ekspress - Sejauh ini belum ada gerakan pemberantasan atau Operasi Tangkap Tangan (OTT) oleh Tim Satgas Saber Pungli Kabupaten Kepahiang. Meskipun Bupati Dr Ir Hidayatullah Sjahid  membentuk Tim Saber |Pungli yang dikomandoi Waka Polres  Kepahiang, Kompol Rudy S SH. Namun pihaknya mengedepankan sosialisasi.

\"Dalam waktu dekat kita akan menggelar sosialisasi di Dikbud dengan peserta dari kalangan Kepala Sekolah (Kepsek) dan jajaranya,\" ungkap Rudy belum lama ini.

Pun demikian Rudy menegaskan, bila laporan praktik pungli oleh masyarakat sudah dapat diterima oleh pihaknya.

\"Laporan bisa lewat SMS dan Email nantinya akan kita rancang seperti demikian. Untuk sekarang ini pelapor atau warga yang menjadi korban pungli dapat membuat laporan dengan mendatangi langsung sekretariat Saber Pungli di Mapolres Kepahiang,\" terang Rudy.

Ia mengatakan, bila sumbangan atau penerimaan sejumlah uang yang dikatakan pungli adalah dimana praktik pemungutan sejumlah dana tanpa adanya aturan. Serta adanya permintaan sejumlah uang kepada warga saat berusan dengan ASN. \"Jika setelah pelayanan diberikan kepada warga dengan baik, lalu warga bersangkutan merasa senang karena proses keperluannya berjalan dengan lancar kemudian memberikan hadiah tentunya itu bukan pungli. Yang menjadi pungli jika dalam pelayanan itu petugas bersangkutan memperlambat urusan warga karena tidak diberikan uang pelancarnya,\" tutur Rudy.

Untuk itu Saber Pungli Kepahiang sendiri akan gencar melakukan penindakkan pencegahan dengan melakukan sosialisasi serta pembinaan kepada ASN dimasing-masing Organasis Perangat Daerah (OPD) hingga ketingkat keluruhan. (320)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: